Ini penjelasan mengenai pengisian daya cepat dan cara kerjanya

Ini penjelasan mengenai pengisian daya cepat dan cara kerjanya

Penjelasan mengenai fast charging

Standar pengisian daya cepat

Ini penjelasan mengenai pengisian daya cepat dan cara kerjanya foto: freepik/rawpixel.com

Berikut ini berbagai standar pengisian daya cepat yang sudah diterapkan pada ponsel.

Pengiriman Daya USB

Setiap ponsel memiliki kabel pengisian daya yang menggunakan USBbahkan kabel Lightning untuk iPhone Apple memiliki koneksi USB pada ujung lainnya. USB 2.0, yang sudah menjadi spesifikasi umum selama dua dekade, memiliki output daya maksimum 2,5W. Karena ada persyaratan bagi port USB untuk menghasilkan daya yang lebih besar, maka diciptakanlah standar USB-PD. USB-PD memiliki output maksimum 100W dan digunakan untuk beragam perangkat, termasuk sebagian besar ponsel unggulan. Semua perangkat USB 4 akan menyertakan teknologi USB-PD, yang diharapkan akan membantu menstandarkan hal ini.

Pengisian daya cepat Qualcomm

Qualcomm adalah chipset yang paling banyak digunakan untuk perangkat Android unggulan, dan prosesor terbaru mereka memiliki kompatibilitas bawaan dengan standar Quick Charge milik mereka. Quick Charge 4+ terbaru memiliki output daya maksimal 100W.

Pengisian cepat adaptif Samsung

Standar ini digunakan perangkat Samsung, terutama lini Galaxy. Standar ini memiliki output daya maksimum 18W dan secara otomatis mengubah kecepatan pengisian daya untuk mempertahankan umur baterai.

Pengisian daya warp OnePlus

OnePlus menggunakan standar Warp Charging yang eksklusif, yang mengisi daya perangkat mereka hingga 30W. Alih-alih meningkatkan voltase seperti kebanyakan standar lainnya. Tidak seperti opsi lain dalam daftar ini, pengisian daya 30W berkecepatan penuh juga tersedia.

Ini penjelasan mengenai pengisian daya cepat dan cara kerjanya foto: freepik/user33769719

Pengisian daya Super VOOC Oppo

Oppo menggunakan standar eksklusif yang mengisi daya perangkat mereka hingga 50W.

Sebagian besar perusahaan yang tidak memiliki teknologi pengisian daya sendiri menggunakan USB-PD atau Qualcomm Quick Charge, atau menyesuaikannya dengan perangkat tertentu. Perusahaan seperti Apple, LG, Samsung, dan Google menggunakan standar ini untuk ponsel andalan mereka.

Sebagian besar solusi ini meningkatkan kecepatan pengisian daya dengan meningkatkan voltase adaptor mereka. Pengecualiannya adalah solusi Oppo dan OnePlus, yang secara signifikan meningkatkan arus daripada voltase. Pengisian daya cepat dengan perangkat ini membutuhkan penggunaan kabel milik mereka.

Masa depan pengisian daya

Ini penjelasan mengenai pengisian daya cepat dan cara kerjanya foto: freepik/rawpixel.com

Teknologi pengisian daya terus menjadi lebih baik karena produsen terus meningkatkan kecepatan pengisian daya. Dalam beberapa tahun ke depan, akan semakin banyak perusahaan yang bereksperimen dengan teknologi pengisian daya, dan standar baru akan muncul di industri ini. Namun demikian, kemungkinan besar sebagian besar standar ini masih akan menggunakan USB-PD sebagai tulang punggungnya.

Ada juga kemunculan pengisian daya cepat nirkabel. Mengirimkan daya dalam jumlah besar secara nirkabel dapat menjadi berbahaya tanpa manajemen termal yang tepat. Pengisian daya nirkabel masih jauh lebih lambat daripada kabel karena perusahaan teknologi masih mencari cara untuk mengelola panas. Itulah mengapa perusahaan seperti OnePlus telah merilis pengisian daya nirkabel 30W yang memiliki kipas besar untuk memberikan aliran udara yang cukup.

(brl/red)