7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular

Techno.id - Saat ini smartphone menjadi perangkat andalan bagi pengguna untuk terhubung dengan internet. Karena itu kecepatan internet di perangkat selular menjadi semakin penting.

Sayangnya, performa tersebut tidak selalu terjadi. Ada banyak masalah yang dapat memperlambat kecepatan Wi-Fi di ponsel. Berikut ini 7 alasan utama mengapa koneksi internet di ponsel sangat lambat.

1. Posisi router yang buruk

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik/rawpixel.com

Salah satu alasan utama mengapa Wi-Fi ponsel lambat karena posisi router yang salah. Tergantung pada spesifikasi dan desain router, sinyal dapat memiliki jangkauan hingga beberapa ratus meter. Tetapi semakin jauh jangkauannya, semakin lambat. Sinyal Wi-Fi juga bisa terhalang benda-benda fisik yang besar, seperti dinding, lantai, dan pintu.

Jadi, jika kamu berada jauh dari router seperti di kamar tiduratau bahkan di luar rumah, maka kecepatan yang didapatkan mungkin jauh lebih lambat.

Ikon Wi-Fi pada bilah status ponsel memberi indikasi kasar tentang kekuatan sinyal. Jika ikonnya penuh, berarti kamu memiliki sinyal yang kuat. Ketika kosong, atau hampir kosong, sinyal lemah. Perangkat Wi-Fi lain seperti laptop juga akan terpengaruh pada jarak yang jauh ini. Ketika kamu bergerak lebih dekat ke router, kekuatan sinyal dan kecepatan internet akan meningkat.

Ketika sinyal yang lemah membaik ketika kamu mendekat ke router, ini menunjukkan bahwa posisi router yang menjadi masalah. Cobalah bereksperimen dengan posisi router yang berbeda untuk melihat apakah kamu bisa mendapatkan jangkauan Wi-Fi yang lebih baik di seluruh rumah.

Jika kecepatan tidak meningkat meski kamu sudah dekat dengan router, atau jika Wi-Fi lambat pada ponsel, mungkin kamu memiliki masalah lain yang perlu diperbaiki.

2. Wi-Fi yang padat

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik

Masalah router lain yang membuat internet ponsel lambat adalah kemacetan. Router memancarkan sinyal mereka pada saluran tertentu, tetapi jika tetangga kamu mengatur router mereka ke saluran yang sama, itu bisa menjadi padat dan menurunkan kinerja untuk semua orang.

Hal ini dapat menjadi masalah di blok apartemen terutama, di mana kamu memiliki banyak router yang berdesakan di area yang relatif kecil.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan perangkat lunak yang dapat membantu menemukan saluran terbaik untuk router. Techno.id merekomendasikan aplikasi Wi-Fi Analyzer di Android. Ini lebih sulit dilakukan pada iPhone, tetapi AirPort Utility lama untuk iOS masih berfungsi. Kedua aplikasi ini gratis.

3. Kebisingan Wi-Fi

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik

Selain gangguan dari router lain di dekatnya, Wi-Fi juga rentan terhadap kebisingan dari peralatan di rumah. Perangkat seperti gelombang mikro, bel pintu nirkabel, dan telepon nirkabel dapat mengganggu sinyal router yang berjalan pada pita 2,4GHz.

Sebagian besar router modern dapat bekerja pada pita 2,4GHz dan 5GHz. Yang terakhir ini jauh lebih tangguh terhadap gangguan. Jika kamu memiliki router yang cukup baru yang mendukung hal ini, kamu dapat mempelajari pengaturan router untuk mengaktifkan saluran 5GHz.

Namun, sebelum melakukan ini, kamu harus memastikan semua perangkat yang terhubung-bukan hanya ponsel kamu yang mendukung 5GHz. Saat ini banyak router modern memiliki dual-band, yang berarti mereka dapat memancarkan pada kedua band secara bersamaan.

Jika kamu tetap menggunakan 2,4GHz, pastikan tidak memiliki perangkat lain di dekat router yang dapat menyebabkan gangguan. Peralatan dapur seperti microwave atau blender juga bisa menjadi penyebab sinyal router bermasalah.

4. Jaringan internet yang lambat

7 Penyebab internet Wi-Fi lambat di ponsel kamu, periksa jaringan selular foto: freepik/rawpixel.com

Salah satu alasan paling jelas mengapa Wi-Fi di ponsel lambat adalah karena kamu terhubung ke jaringan yang lambat. Di rumah, kecepatan kamu akan menurun ketika aplikasi dan perangkat lain memonopoli bandwidth kamu. Streaming film, mengunduh video game, atau menginstal pembaruan sistem operasi semuanya akan menyebabkan perlambatan dalam penggunaan internet secara umum.

Pada Wi-Fi publik, kecepatan yang akan kamu dapatkan bisa sangat bervariasi. Ada begitu banyak hotspot Wi-Fi publik, dan ponsel kamu mungkin akan terhubung ke salah satunya secara acak.

Bahkan sering kali tetap terhubung setelah kamu berpindah ke lokasi yang lebih dekat atau lebih baik. Cara yang baik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur prioritas jaringan Wi-Fi pada Android atau iPhone. Cara ini akan memaksa perangkat selalu terhubung ke salah satu jaringan yang kamu pilih kapan pun kamu berada dalam jangkauan.

(brl/red)