Google siapkan Google Assistant yang diperkuat Generative AI, bakal mirip Bard

Google siapkan Google Assistant yang diperkuat Generative AI, bakal mirip Bard

Techno.id - Raksasa teknologi Google dikabarkan bakal memperbarui kemampuan Google Assistant dengan teknologi Generative AI. Teknologi berbasis AI ini sudah diterapkan pada Google Photos dan Maps.

Artinya, Google Assistant akan mendapatkan kemampuan canggih yang didukung AI, mirip chatbot seperti Bard dan ChatGPT. Dalam sebuah email internal yang diungkap Axios, Google mengumumkan bahwa mereka memberikan perubahan baru pada Google Assistant dengan teknologi LLM (Large Language Model) terbaru, berbeda dengan Bard.

Google siapkan Google Assistant yang diperkuat Generative AI, bakal mirip Bard foto: unsplash/mojahid mottakin

Sebagai perbandingan, Bard dibangun di atas model bahasa Pathways Language Model 2 (PaLM 2) dan didukung teknologi Google's Language Model for Dialogue Applications (LaMDA). Selain dapat menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diambil dari web, Bard baru-baru ini memperoleh kemampuan untuk menganalisis gambar menggunakan teknologi yang sama yang mendukung Google Lens. Bard juga dapat menarik kutipan, dan akan segera hadir di Adobe Express melalui integrasi dengan AI generatif Firefly.

Saat ini Google sedang menata ulang divisi Assistant untuk membuat tim yang berfokus pada pengintegrasian AI percakapan dengan infrastruktur Google Assistant yang sudah ada.

Google siapkan Google Assistant yang diperkuat Generative AI, bakal mirip Bard foto: unsplash/daniel romero

Bahkan sebagian kecil dari tim tersebut telah mulai bekerja untuk memperbarui asisten virtual dengan teknologi LLM. Artinya tidak perlu menunggu terlalu lama, Google Assistant yang disebut Supercharged itu bakal dirilis. Fitur-fiturnya memang masih belum diketahui, tetapi integrasi AI generatif dapat membuat Google Assistant jauh lebih komunikatif, mirip dengan Bard.

(brl/red)