Google rilis fitur untuk pantau panas ekstrem, beri pengguna peringatan bahaya secara real time

Google rilis fitur untuk pantau panas ekstrem, beri pengguna peringatan bahaya secara real time

Techno.id - Google menjadi platform berbagi informasi terkini cepat dan akurat. Bahkan mereka mempunyai fitur untuk memberikan informasi terkait peristiwa kebencanaan, seperti kebakaran hutan, peringatan banjir, gempa bumi dan masih banyak lagi. Informasi tersebut bisa langsung didapatkan pengguna melalui artikel maupun notifikasi yang dikirim langsung ke ponsel yang digunakan.

Baru-baru ini, Google mengumumkan fitur baru untuk memberikan informasi terkait suhu panas ekstrem di wilayah terdampak melalui aplikasi perambannya. Fitur ini nantinya akan memberikan informasi terkait cuaca panas di atas rata-rata secara real time. Bahkan terdapat notifikasi mengenai kapan dan di mana gelombang kemungkinan bencana tersebut terjadi.

Lantas seperti apa kemampuan fitur cuaca baru dari Google tersebut? Berikut Techno.id akan mengulasnya yang dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (1/4).

Google rilis fitur untuk pantau panas ekstrem, beri pengguna peringatan bahaya secara real time (Foto: Google.com)

Melalui fitur tersebut, Google akan menampilkan kapan peristiwa panas akan dimulai dan perkiraan jangka waktu berapa lama peristiwa tersebut berlangsung. Dengan begitu, langkah mitigasi bisa dilakukan berbagai pihak apabila gelombang panas menerpa sebuah wilayah. Menariknya, fitur ini akan disediakan untuk seluruh pengguna Google pada umumnya, sehingga semua dapat mendapatkan informasi secara cepat.

Fitur pemantau panas dihadirkan Google semata-mata atas keprihatinan mereka kepada korban bencana. Melansir dari blog resminya pada Sabtu (1/4), Google menjelaskan bahwa hampir setengah juta orang meninggal akibat paparan panas ekstrim setiap tahunnya. Bahkan angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

Akibat dari masalah tersebut, Google menghadirkan fitur pemantau cuaca panas ekstrem. Tujuannya adalah agar pengguna terlindung dari potensi bahaya, serta memberikan tips tentang cara tetap tenang bersama artikel masalah kesehatan terkait panas yang perlu diwaspadai pengguna.

Google mendesain agar fitur tersebut dapat menampilkan informasi secara mencolok di hasil pencarian. Artinya pengguna bisa mendapatkan informasi secara kredibel, cepat, dan akurat. Bahkan Google juga bekerja sama dengan badan Jaringan Informasi Kesehatan Panas Global untuk menyajikan peringatan serta keakuratan informasi.

Google rilis fitur untuk pantau panas ekstrem, beri pengguna peringatan bahaya secara real time (Foto: Google.com)

Google telah bergerak di bidang kemasyarakatan sejak 2017 silam. Mereka berhasil meluncurkan peringatan SOS yang mengarahkan orang ke sumber informasi resmi selama bencana alam terjadi. Sejak saat itulah, raksasa teknologi asal Mountain View ini berhasil memprediksi potensi bencana banjir.

Selain itu, Google juga tengah mengembangkan program Tree Canopy yang telah dimulai sejak 2021 lalu. Program ini ditujukan untuk mengidentifikasi lokasi kota dengan tutupan pohon yang tak memadai. Bahkan Tree Canopy sekarang akan mencakup hampir 350 kota secara global dengan Atlanta, Baltimore, Buenos Aires, Lisbon, Mexico City, Paris, Sydney, dan Toronto bergabung dalam daftar.

(brl/red)