Foto avatar Lensa Ai di Instagram tengah viral, ini cara membuatnya

Foto avatar Lensa Ai di Instagram tengah viral, ini cara membuatnya

Techno.id - Berkat perkembangan sistem kecerdasan buatan atau lebih dikenal dengan Artificial Intelligence/ Ai, aktivitas digital seseorang semakin mudah. Bahkan sistem Ai dapat memunculkan sebuah tren baru di jagat media sosial, karena kemudahan dalam penyuntingan foto. Sering kali pengguna medsos diberikan unggah foto maupun video hasil editan dari Ai.

Tentu hasil penyuntingan melalui Ai tak kalah keren dengan cara manual. Sebab itulah banyak pengguna gadget melakukan editing hanya berbekal smartphone saja. Terlebih hasil yang diberikan berkat kecerdasan Ai dapat mengubah tampilan aslinya secara drastis.

"Gambar2 ini bukanlah karya manusia, melainkan dibuat oleh AI." ungkap salah satu pengguna Twitter @shitlicious

Sebuah foto dapat diubah menjadi ilustrasi, foto kartun, foto yang layaknya lukisan di kanvas, dan masih banyak lagi. Kemudian sistem Ai juga dapat memberikan tambahan aksesori untuk wajah, mengubah bentuk wajah, menghilangkan noda, mengganti warna rambut, bahkan pose dari pengguna dapat diganti.

Saat ini banyak bermunculan platform penyuntingan foto maupun video dengan kecerdasan Ai. Salah satu aplikasi yang tengah viral di media sosial adalah Lensa Ai. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk menyunting bahan foto agar mendapatkan output sesuai keinginan. Lensa Ai dapat diunduh dan diinstal melalui toko aplikasi Play Store maupun App Store untuk pengguna iOS.

Sayangnya untuk mendapatkan layanan aplikasi Lensa Ai secara maksimal, pengguna perlu membayar biaya langganan terlebih dahulu. Paling murah paket yang ditawarkan oleh developer adalah Rp 47 ribu. Namun tenang sobat techno, kamu masih bisa memakai Lensa Ai secara gratis kok. Lantas bagaimana caranya? Kali ini techno.id akan memberikan cara membuat foto avatar melalui Lensa Ai secara gratis.

Cara membuat avatar di Lensa Ai:

Foto avatar Lensa Ai di Instagram tengah viral, ini cara membuatnya

foto: play.google.com

1. Silakan untuk unduh dan instal aplikasi Lensa Ai terlebih dahulu.
2. Setelah itu klik Add Photos.
3. Pilih foto yang ingin disunting dari galeri perangkat.
4. Setelah itu pengguna akan dibawa ke menu pengeditan.
5. Di menu tersebut, pengguna bisa melihat adanya opsi Face, Backdrop, Adjust, Effects, Art Styles, Filters, dan Canvas.
6. Untuk bagian Face, pengguna dapat menyunting keburaman gambar, retouch wajah seperti menghaluskan wajah, mengecilkan kantung mata, mengubah warna rambut disertai intensitas warna, bentuk wajah, dan lainnya.
7. Untuk bagian Backdrop, foto latar gambar akan berubah dan terdapat latar yang dapat dipilih sesuai keinginan hingga mengubah latar langit
8. Lebih lanjut, bagian Adjust memungkinkan pengguna mengubah warna gambar, seperti tingkat kecerahan, ketajaman, kepekatan warna, ketebalan, hingga keburaman warna dan cahaya gambar
9. Untuk bagian Effect, ada sejumlah efek seperti cahaya siluet, titik salju, dan sebagainya.
10. Sementara di Art Styles, pengguna bisa mengubah tampilan gambar. Pilihan yang tersedia gambar dapat diubah menjadi foto lawas, foto yang digambar di kanvas, foto kartun/animasi, dan sebagainya.
11. Untuk bagian Filter pengguna dapat menambahkan warna pada gambar.
12. Terakhir, Canvas memungkinkan pengguna memotong gambar sesuai dengan keinginan. Ada yang bentuknya kotak, setengah lingkaran, lingkaran penuh, oval, pola bunga, dan masih banyak lagi.
13. Setelah selesai pengguna menyunting, jangan lupa klik "Simpan" yang terletak di sisi kanan atas layar untuk menyimpan seluruh editan yang dilakukan ke galeri perangkat.

Foto avatar Lensa Ai di Instagram tengah viral, ini cara membuatnya

foto: play.google.com

Itulah cara menggunakan Lensa Ai untuk mengubah foto selfie menjadi avatar yang viral di media sosial. Cukup mudah bukan sobat techno. Namun perlu dicatat, versi gratis dari aplikasi membatas variasi yang dapat digunakan pengguna. Artinya jika terdapat 10 varian avatar, pengguna hanya bisa memakai 2-3 saja. Selamat mencoba!


(brl/guf)