Fitur blokir bakal dihapus dari X, sebagai gantinya akan diterapkan fitur bisukan

Fitur blokir bakal dihapus dari X, sebagai gantinya akan diterapkan fitur bisukan

Techno.id - Sejak Elon Musk mengendalikan Twitter sudah banyak perubahan yang dilakukan. Dari mulai mengganti nama Twitter menjadi X, disusul dengan istilah tweet yang dulu dikenal di Twitter diganti menjadi post hingga retweet menjadi repost.

Belakangan, Musk juga mengeluarkan pengumuman bahwa ke depan pengguna X tidak bisa lagi memblokir pengguna lain. Sebagai ganti fitur blokir, X akan menerapkan opsi bisukan.

Menurut Musk penghapusan blokir karena fitur tersebut dinilai tidak masuk akal. Sebagai gantinya ia menawarkan fitur bisukan karena secara esensi fitur tersebut sama dengan blokir. Fitur blokir tetap bisa digunakan pada alat pesan langsung (direct messages) Twitter (X).

Paku terakhir di peti mati Twitter

Fitur blokir bakal dihapus dari X, sebagai gantinya akan diterapkan fitur bisukan foto: freepik

Langkah Musk untuk menghilangkan fitur blokir di Twitter mendapat tentangan keras dari para pengguna yang menghargai kegunaannya. Fungsi pemblokiran secara luas dianggap sangat penting dalam mengekang penyalahgunaan di Twitter dan platform media sosial lainnya.

Menurut para pengguna, fitur blokir sebagai perlindungan komprehensif kepada individu dari akun-akun yang menyalahgunakan dengan membuat seluruh profil tidak terlihat oleh pengguna yang diblokir, termasuk tweet, suka, dan retweet. Sementara psi bisukan hanya melindungi pengguna dari melihat tweet.

Meski rencana menghapus fitur blokir masih belum pasti, namun banyak pengguna yang beranggapan jika langkah tersebut dilakukan, itu sama saja dengan memberikan paku tarakhir di peti mati Twitter.

Padahal dengan menghapus fitur blokir juga bertentangan dengan kebijakan App Store Apple. Jika langkah ini tetap dilakukan Musk, maka bisa mengakibatkan penghapusan aplikasi X dari platform Apple. Apakah Musk akan benar-benar melaksanakan keputusannya untuk mengambil risiko dihapus dari ekosistem Apple?

(brl/red)