Elon Musk resmi luncurkan layanan internet satelit Starlink di Indonesia, uji coba hingga ke Pulau Aru

Elon Musk resmi luncurkan layanan internet satelit Starlink di Indonesia, uji coba hingga ke Pulau Aru

Techno.id - Elon Musk resmi meluncurkan layanan internet satelit Starlink di Indonesia, Minggu (19/5/2024). Mengenakan kemeja Batik hijau, Musk disambut karangan di sebuah puskesmas di Denpasar, Bali. Musk meluncurkan layanan Starlink bersama sejumlah menteri.

Peluncuran layanan ini untuk menyediakan internet di Indonesia, termasuk di daerah terpencil. Saat peluncuran, Starlink ditayangkan di tiga puskesmas di Indonesia, dua di antaranya berada di Bali dan yang ketiga di pulau terpencil Aru.

Dalam kesempatan tersebut, Musk juga melakukan uji kecepatan layanan internet Starlink dengan beberapa petugas kesehatan di pelosok Indonesia, termasuk di Aru, salah satu pulau terluar Indonesia yang belum terlayani internet di Provinsi Maluku.

Dalam jumpa pers singkat kepada wartawan seperti dikutip dari akun pribadinya di X yang mengutip dari tayangan KompasTV, Musk mengatakan banyak manfaat yang dapat diberikan konektivitas bandwidth tinggi ke pulau-pulau dan komunitas terpencil. Menurutnya sangat penting untuk menekankan konektivitas internet karena bisa mengubah hidup masyarakat.

Ketika memiliki akses ke internet, Anda dapat mempelajari apa saja, tetapi jika tidak terhubung, sangat sulit untuk mempelajarinya. Kemudian jika Anda memiliki beberapa barang atau jasa yang ingin dijual ke dunia, bahkan jika Anda berada di desa terpencil, Anda sekarang dapat melakukannya dengan koneksi internet. Sehingga bisa membawa banyak kemakmuran, menurut saya, bagi masyarakat pedesaan, ujar Musk.

Dalam kesempatan tersebut, Musk juga menandatangani kesepakatan untuk meningkatkan konektivitas di sektor kesehatan dan pendidikan. Peluncuran layanan di puskesmas sejalan dengan misi Starlink yang lebih luas dalam menyediakan akses terjangkau ke layanan internet berkecepatan tinggi, khususnya di wilayah yang kurang terlayani dan terpencil.

Daerah terpencil kami membutuhkan Starlink untuk memperluas layanan internet berkecepatan tinggi, terutama untuk membantu masalah di sektor kesehatan, pendidikan, dan maritim," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Selama kunjungan pertamanya ke Bali, Musk juga berpartisipasi dalam World Water Forum ke-10 yang akan berupaya mengatasi tantangan air dan sanitasi global.

(brl/red)