Dalam 3 bulan, ada 15 juta domain baru lahir

image

Techno.id - Makin banyaknya orang yang terkoneksi dengan internet berakibat juga terhadap populasi domain yang ada. Verisign menyatakan pihaknya sudah menampung 15 juta domain baru selama Oktober sampai Desember 2015 saja. Dalam rilis yang diterima redaksi(21/04/16), Verisign turut menyebut ada pertumbuhan domain sebesar 5 persen dari Q3 2015 dan 9 persen dibanding Q4 2014.

Penambahan selama kuartal keempat tahun lalu itu pun mendongkrak total Top-Level Domain (TLD) yang terdaftar, yakni 314 juta di seluruh dunia per 31 Desember 2015 versi Domain Name Industry Brief (DNIB).

Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga sangat terbantu dengan masih populernya penggunaan .com dan .net. Sebagai bukti bahwa .com masih menjadi TLD terpopuler di dunia ialah telah terdaftarnya 124 juta domain berbasis .com di akhir 2015. Sedangkan pengguna .net mencapai 15,8 juta.

TLD terpopuler di dunia  2016 Verisign

TLD terpopuler di dunia
2016 Verisign

Akan tetapi, popularitas .com mungkin tak akan selamanya. Sebab, TLD yang lebih menarik dan mencerminkan karakter situs pengusungnya mulai bermunculan. TLD .com yang terlalu inklusif mulai berhadapan dengan TLD eksklusif seperti .bike yang lebih cocok untuk situs penjualan sepeda atau .financial yang sangat spesifik untuk misalnya merujuk ke website pribadi seorang akuntan profesional.

(brl/red)