CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 20 April 2016 22:00

Kemkominfo berniat kembangkan cyber army

Informasi negatif dan tak akurat di media sosial kian marak, Kemkominfo berniat kembangkan cyber army

Kemkominfo berniat kembangkan cyber army

Techno.id - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Niken Widyastuti, mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan cyber army (pasukan siber) untuk menyampaikan beragam informasi positif dan akurat di dunia maya.

Menurut Niken, pasukan cyber tersebut memiliki tugas yang selaras dengan fungsi kehumasan. "Kita akan kembangkan cyber army. Tugasnya memproduksi informasi positif yang intinya menyehatkan informasi," ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka, Rabu (20/04).

Kebijakan Kemkominfo dalam membentuk cyber army ini, lanjut Niken, didasari oleh makin maraknya informasi negatif dan tidak akurat yang beredar di berbagai media sosial. Padahal, sebagian besar aktivitas netizen Indonesia adalah mengakses media sosial.

Fungsi kehumasan, tambah Niken, saat ini telah berkembang. Misalnya seperti humas pemerintah yang kini tidak lagi hanya sebagai pihak penyampai informasi, melainkan juga dituntut mampu memberikan pemahaman dan penjelasan positif kepada masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Dodi Ryadmaji dan Kepala Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Herman Suryatman dengan menyebut humas sebagai jembatan pemerintah dan masyarakat.

WHAT TO READ NEXT ?