ChatGPT dapat nilai tinggi ujian dokter, tapi kesulitan jawab soal anak kelas 6 SD

ChatGPT dapat nilai tinggi ujian dokter, tapi kesulitan jawab soal anak kelas 6 SD

Techno.id - ChatGPT menjadi salah satu platform berbasis AI yang menghebohkan jagat teknologi dunia. Pasalnya ChatGPT mampu menjawab berbagai pertanyaan dari mudah hingga ke perintah sulit sekali pun. Bahkan berbagai uji coba telah dilakukan, termasuk menguji ChatGPT untuk dapat menjawab tes ujian kedokteran di AS.

Hasilnya, ChatGPT mampu mendapatkan nilai tinggi. ChatGPT berhasil mendapatkan skor antara 52,4% dan 75% di tiga ujian USMLE. ChatGPT juga menunjukkan kesesuaian 94,6% pada semua responsnya dan menghasilkan setidaknya satu wawasan signifikan (sesuatu yang baru, tidak jelas, dan valid secara klinis) untuk 88,9% dari responsnya. Melalui hasil itu, ChatGPT sudah layak mendapatkan lisensi dokter di AS.

Kendati dapat menjawab tes sulit untuk para mahasiswa kedokteran tersebut, ternyata ChatGPT malah kesulitan dalam menjawab soal kelas anak 6 SD. Lantas bagaimana faktanya? Berikut techno.id sajikan hasil tes ChatGPT menjawab pertanyaan matematika dan ilmu IPA anak kelas sekolah dasar, pada Jumat (24/2) dari laman The Straits Times Singapura.

ChatGPT yang mampu menjawab berbagai pertanyaan sulit, bahkan dapat lolos seleksi pegawai Google ini dinyatakan kesulitan dalam menjawab soal kelas 6 SD. Hal tersebut diambil dari uji coba dilakukan oleh media asal Singapura, The Straits Times beberapa waktu lalu.


(brl/guf)