Chatbot AI Google Bard kini mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Indonesia

Chatbot AI Google Bard kini mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Indonesia

Techno.id - Pada perhelatan Google I/O 2023 yang digelar Mei 2023 lalu, Google memperkenalkan chatbot AI, Bard. Saat itu, chatbot ini hanya mendukung dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Korea sebagai permulaan. Kini, setelah dua bulan diperkenalkan, Google menepati janjinya untuk menyediakan dukungan lebih banyak bahasa. Kini Bard sudah mendukung lebih dari 40 bahasa dan siap menjadi pesaing ChatGPT.

Dalam keterangan resminya, Director, Product Management, Bard, Jack Krawczyk Sr menjelaskan, kini Bard sudah tersedia di sebagian besar wilayah dunia dan dalam sebagian besar bahasa yang banyak digunakan, termasuk Indonesia. Kini bahasa yang didukung Bard di antaranya Arab, China, Jerman, Hindi, Spanyol, Italia, juga Indonesia.

Chatbot AI Google Bard kini mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Indonesia foto: tangkapan layar

Bukan cuma dari sisi bahasa.Awalnya chatbot ini hanya tersedia di 180 negara berbahasa Inggris,kini penggunaannya telah diperluas ke seluruh Eropa, Amerika Selatan, Afrika, dan tempat lainnya, juga termasuk di Indonesia.

Selain itu Bard juga memiliki beberapa fitur baru, seperti menyuarakan respons melalui audio sehingga pengguna dapat mendengarnya. Fitur ini sangat membantu pengguna yang ingin mendengar pengucapan secara benar dari sebuah kata atau menyimak suatu puisi atau naskah. Pengguna cukup memasukkan perintah dan memilih ikon audio untuk mendengarkan jawaban Bard. Fitur ini sekarang tersedia di lebih dari 40 bahasa.

Fitur baru lainnya adalah opsi untuk menyematkan dan mengubah nama percakapan pengguna dengan Bard. Selain itu ada juga fitur yang memungkinkan pengguna mengekspor kode Python ke Replit, sebagi bagian dari Google Colab. Fitur ini sekarang juga tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Chatbot AI Google Bard kini mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Indonesia foto: tangkapan layar

Kini pengguna juga dapat membagikan tanggapan seluruh obrolan Bard dengan orang lain melalui tautan yang dapat dibagikan, yang juga tersedia di lebih dari 40 bahasa. Bahkan Google juga kabarnya akan menambahkan kecanggihan Google Lens ke Bard yang kini baru tersedia dalam Bahasa Inggris .

Jadi misalnya pengguna ingin menulis teks pesan terima kasih pada sebuah hadiah, pengguna tinggal mengupload gambar bersama perintah dan Bard akan menganalisis foto tersebut. Namun fitur ini sekarang hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi Google berjanji akan segera memperluas ketersediaannya ke bahasa lain.

(brl/red)