Cara mengatasi proses back up data di WhatsApp yang terhenti atau terlalu lama

Cara mengatasi proses back up data di WhatsApp yang terhenti atau terlalu lama

Techno.id - WhatsApp menyediakan layanan pencadangan data yang penyimpanannya bisa dipilih langsung pengguna, biasanya melalui Google Drive atau iCloud. Pengguna juga dapat memilih frekuensi pencadangan data yang diinginkan, mulai dari sekali sampai satu bulan sekali. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih untuk tidak mencadangkan data di WhatsApp sama sekali.

Pencadangan data berfungsi untuk menghindari data-data di WhatsApp agar tidak hilang. Namun, seringkali saat sedang mencadangkan data, proses tersebut berhenti di tengah jalan atau membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini memang sering terjadi, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Techno.id sudah merangkum cara mengatasi proses back up data di Whatsapp yang terhenti atau terlalu lama. Simak tata caranya di bawah ini.

1. Kecualikan file video

Proses yang lama mungkin saja disebabkan karena banyaknya memori pada data yang ingin dicadangkan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah memori tersebut. Karena file video adalah file yang paling banyak memakan memori, maka cobalah untuk mengecualikan file video pada proses pencadangan data. Cara mengaturnya cukup mudah, klik pengaturan>pesan>pencadangan pesan. Lalu gulir ke bawah dan matikan opsi video.

2. Bersihkan cache WhatsApp

Cache seringkali menjadi penyebab sistem atau proses melambat. Hapus cache pada WhatsApp di pengaturan aplikasi Android.

3. Hapus data pencadangan data terdahulu di Drive

Jika sudah pernah memback-up data di WhatsApp sebelumnya, bisa saja data lama tersebut yang menghalangi proses back up data yang sedang dilakukan. Kunjungi Google Drive kemudian cek menu penyimpanan, jika terdapat file bernama WhatsApp, hapuslah file tersebut.

Cara mengatasi proses back up data di WhatsApp yang terhenti atau terlalu lama foto: freepik.com/darkdream

4. Update WhatsApp ke versi terbaru

Proses memback-up data yang membutuhkan waktu lama bisa disebabkan karena versi WhatsApp belum diupdate ke versi yang terbaru. Silakan update WhatsApp melalui Google Play Store.

5. Restart Hp Android

Cara terakhir adalah dengan merestart HP Andorid kamu. Proses ini dapat merefresh sistem operasi di HP sehingga seringkali mengatasi error-error di HP.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)