Bos Indosat bicara soal operator virtual

Bos Indosat bicara soal operator virtual

Techno.id - Dilansir dari Merdeka.com (08/06/15), Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli mengatakan dirinya tidak masalah jika pemerintah membuka peluang bisnis baru untuk Mobile Virtual Network Operator (MVNO) atau operator virtual. Namun, dengan regulasi yang jelas.

"Bisnis MVNO, selama regulasi clear gak ada masalah. Tapi, memang harus dilihat tergantung daerah mana yang boleh masuk. Jangan sampai MVNO tidak memiliki izin di sini," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

Sekedar informasi, sederhananya model bisnis MVNO ini bisa dikatakan sebagai reseller dari MNO. Bahkan, MVNO ini bisa membangun infrastrukturnya sendiri sesuai dengan teknologi, kebutuhan, dan izin spektrum frekuensi yang dimiliki oleh MNO.

Bos Indosat bicara soal operator virtual

Sebagai pimpinan dari salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Alex terbuka terhadap diskusi mengenai MVNO. Ia juga menyadari bahwa MVNO juga bisa menangani ceruk pasar yang selama ini belum dimasuki MNO.

"Saya open terhadap diskusi tersebut. Dengan MVNO, ceruk-ceruk pasar yang selama ini belum ditangani bisa dimasuki. Jadi memang itu harus diberikan kepada orang yang ngerti pasar, kalau boleh pemain domestik yang main. Karena pemain domestik mengerti pasar Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara pernah mengatakan akan mengkaji peluang bisnis untuk skema MVNO ini.

(brl/red)