Indosat siapkan aplikasi 'pembunuh waktu' kala Ramadan

Indosat siapkan aplikasi 'pembunuh waktu' kala Ramadan

Ngabuburit jadi aktivitas andalan sebagian masyarakat Indonesia menunggu waktu buka ketika bulan Ramadan. Di era digital seperti sekarang ini banyak orang yang sudah beralih ke perangkat gadget miliknya sebagai pembunuh waktu menunggu adzan magrib alias ngabuburit.

Indosat mencoba memahami kebutuhan masyarakat era digital tersebut dengan menghadirkan aplikasi khusus untuk mengisi waktu selama bulan Ramadan. Aplikasi besutan Indosat itu diberi nama Tahan Godaan Ketupat, Apps Alarm Sahur Ketupat serta Apps Muka Ketupat yang akan tersedia di Google Play Store.

"Beragam aplikasi dari Indosat bisa dinikmati para pengguna gadget Android nantinya. Aplikasi ini sementara masih dalam tahap beta dan baru akan tersedia di Google Play Store tiga hari menjelang bulan Ramadan," ujar M Andre Reinaldy, Division Head IM3 Brand Segment Indosat.

Salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini mengaku perusahaannya sengaja menyediakan aplikasi khusus di bulan Ramadan untuk meningkatkan jumlah penggunaan layanan data dari pelanggannya. Mereka menilai aplikasi berbasis internet sudah lazim digunakan untuk mengisi waktu luang khususnya di bulan Ramadan.

"Aplikasi ini kita harapkan bisa mendongkrak jumlah penggunaan layanan data di tengah masyarakat. Indosat mencoba meningkatkan aktivitas masyarakat dalam memakai internet selama bulan Ramadhan sewaktu mereka menunggu waktu berbuka puasa dengan rangkaian aplikasi ini," kata Hesti Diyahanita Priamsari & VAS Indosat.

Andre menuturkan sepanjang bulan Ramadan biasanya trafik ramai di Indosat mengalami tambahan sesi yang terjadi di jam 2-5 pagi. Jumlah peningkatan trafik di waktu tersebut pada bulan Ramadan diakui Andre bisa mencapai 3-4 kali lipat daripada hari biasa.

"Antara jam 2 sampai jam 5 orang kan beraktivitas persiapan sahur sampai solat subuh. Peningkatan itu wajar karena di hari biasa jam segitu biasanya orang tidur sedangkan bulan Ramadan mereka harus bangun dan mengisi waktu dengan berkomunikasi atau sekedar internetan," tandas Andre sewaktu dijumpai tim Techno.id di Kantor Pusat Indosat, Jakarta.

(den)


(brl/red)