Indosat 'PD' hadapi trafik selama lebaran

Indosat 'PD' hadapi trafik selama lebaran

Techno.id - Sudah barang tentu lebaran adalah jadi momen yang pas untuk menjalin silaturahmi kembali. Sehingga trafik komunikasi di Indonesia pun akan mengalami akan meningkat selama lebaran.

Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (08/06/15), Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli mengatakan trafik data, voice, dan SMS bakal meningkat tajam saat seminggu menghadapi lebaran dan seminggu sesudah lebaran.

"Untuk data kita siapkan antisipasi lonjakan trafik tiga kali lipat dari normal. Untuk voice dua sampai tiga kali lipat. Dan SMS juga kita siapkan dua kali lipatnya," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

Dikutip dari Merdeka.com, Berdasarkan data dari Indosat, untuk normal trafik pada layanan suara mereka tiap harinya mencapai 39 juta Erlang, kemudian pada layanan SMS mencapai 1,285 juta Attempt per hari, sedangkan layanan data normal trafiknya mencapai 16,65 TByte per hari.

Ia juga menambahkan jika kenaikan kapasitas selama Ramadan rata-rata naik 20-40 persen. Setelah itu agak turun sedikit dan kembali ke normal. Persiapan peningkatan kapasitas trafik ini, diakuinya akan disiapkan untuk sampai akhir tahun.

"Jadi ada program modernisasi tahap akhir ya. Semua kota tier 2 di Jawa seperti Malang, Solo sampai Agustus ini selesai. Nah, itu untuk jaringan baru, khususnya di layanan data. Tapi tentunya ada persiapan kapasitas juga seperti yang tadi saya sampaikan," katanya.

Sementara itu, Ramadan tahun ini Indosat mengahdirkan program Ketupat Lebaran. program tersebut yakni Santan (SMSan Terus-Terusan), Telor (Teleponan Ramadan), Opor (Online Pol Ramadan), dan Komplit (Telepon, SMS dan Online). Pilihan paket ini dapat diakses melalui *123*888#.

(brl/red)