Apple dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Google untuk menghadirkan model AI Gemini ke iPhone

Apple dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Google untuk menghadirkan model AI Gemini ke iPhone

Techno.id - Apple sedang dalam pembicaraan untuk membangun mesin kecerdasan buatan (AI) Google Gemini ke dalam smartphone masa depannya. Seperti dilaporkan Bloomberg, langkah ini diharapkan dapat membantu kedua perusahaan menghadapi OpenAI dan Microsoft, terutama dalam kasus pembuat iPhone yang dikritik karena tertinggal dari pesaing utamanya dalam hal pengembangan AI.

Menurut Bloomberg, Gemini dapat bertindak sebagai mesin AI generatif berbasis cloud untuk Siri dan aplikasi lain. Sementara model Apple sendiri dapat diintegrasikan ke dalam iOS 18 mendatang untuk tugas AI di perangkat. Namun persyaratan atau branding dari perjanjian AI dan bagaimana penerapannya pada produk merek belum diputuskan.

CEO Apple Tim Cook menyatakan keputusan Apple tentang AI generatif akan diterapkan pada pelanggan akhir tahun ini. Diharapkan fitur tersebut akan muncul selama WWDC 2024 yang dijadwalkan berlangsung Juni 2024.

Ada juga kemungkinan bahwa Apple dapat bermitra dengan AI lain untuk mendukung fitur lain yang disediakan berbagai sistem operasi internal. Menariknya, Bloomberg juga mencatat dalam laporan yang sama bahwa Apple telah mengadakan pembicaraan dengan OpenAI tentang penggunaan modelnya sendiri.

Selain itu, tahun lalu beberapa bocoran menyebutkan Apple diduga sedang membuat chatbot sendiri, yang dijuluki sebagai Ajax. Chatbot ini didasarkan pada kerangka kerja JAX Google. Namun, pengembangan model AI ini masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi untuk menyamai model seperti Gemini dan ChatGPT. Karena itu untuk saat ini Apple lerbih memilih bermitra dengan pihak lain seperti Google.

(brl/red)