Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

Techno.id - Apple beberapa bulan lalu telah merilis jajaran Watch series mereka secara global. Hadir dengan spesifikasi yang menakjubkan membuat banyak orang tidak sabar untuk meminang jam tangan pintar bikinan perusahaan asal Los Altos, California, United States tersebut. Selain mengedepankan gaya, spesifikasi yang hadir pada Watch series Apple memang tidak perlu diragukan.

Kini Apple telah memasarkan produk tersebut secara resmi di Indonesia. Bisa dibilang tidak ada perubahan berarti dari Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE yang dirilis global dengan di Indonesia. Dari segi spesifikasi, pilihan warna, serta fitur yang digunakan bisa dibilang sama persis.

Perbedaan ada di sektor harga. Jika Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE yang dirilis global memiliki harga yang berkisar di angka Rp 11 jutaan, untuk varian resmi Indonesia mengalami peningkatan harga yang cukup lumayan. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri berkat adanya biaya operasional seperti shipping. Namun mengingat Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE adalah produk dari Apple, kemampuan produk tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/11), beda spesifikasi Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE resmi Indonesia.

Apple Watch Ultra

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Apple Watch Ultra yang merupakan seri tertinggi dari Watch series dari Apple. Sebagai varian tertinggi, Apple Watch Ultra memiliki spesifikasi yang paling tinggi. Hadir dengan dimensi 49 x 44 x 14.4 mm dan bobot 61.3 g, Apple Watch Ultra menjadi jam tangan pintar yang bisa dibilang paling berat dan besar.

Agar setiap pengguna bisa menggunakan Watch Ultra dengan nyaman, Apple menyematkan layar 49 mm (410 x502) Retina LTPO OLED display, 2000 nits dengan 1164 sq mm display area yang memiliki fitur Always-On. Dengan digunakannya layar ini, setiap konten yang ditampilkan pada Watch Ultra bisa dinikmati dengan nyaman.

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Tidak jauh berbeda dengan versi global, Apple Watch Ultra resmi Indonesia juga memiliki fitur yang sama. Titur menarik seperti L1 and L5 GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, and BeiDou, Compass, Blood oxygen sensor, Electrical heart sensor, Always-on altimeter, Water temperature sensor, serta Depth gauge hadir pada jam tangan pintar satu ini. Selain hadir dengan banyak fitur menarik, Apple Watch Ultra juga mampu digunakan menyelam hingga kedalaman 40 m.

Kinerja maksimal dari Apple Watch Ultra didukung oleh penggunaan chipset S8 with 64-bit dual-core processor yang diklaim 20% lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Berbarengan dengan itu, Apple menyematkan LTE, UMTS, Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz and 5GHz, dan Bluetooth 5.3 di sektor koneksi untuk memudahkan penggunaan perangkat satu ini.

Apple Watch Series 8

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Pada varian tengah Apple menghadirkan Watch Series 8. Bisa dibilang tidak terlalu jauh dari versi paling tinggi, Apple Watch Series 8 memiliki beberapa ubahan yang tidak terlalu major. Di sektor desain, Apple Watch Series 8 memiliki beberapa varian warna menarik seperti Midnight, Starlight, Silver, dan (PRODUCT) RED yang dibalut material Aluminum serta Graphite (PVD), Silver, dan Gold (PVD) dengan material Stainless Steel.

Dimensi dari kedua versi tersebut tentu berbeda. Dimensi 45 x 38 x 10.7 mm dengan bobot 38.8 g untuk varian Aluminum (GPS, GPS + Cellular) dan 51.5 g untuk bahan Stainless Steel. Tidak hanya itu, tersedia satu varian lagi dengan dimensi 41 x 35 x 10.7 mm 32.0 g yang berbahan Aluminum (GPS, GPS + Cellular) dan 42.3 g dengan material Stainless Steel.

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Perbedaan lain pada Apple Watch Series 8 terletak di bagian layar. Sama seperti sektor dimensi, Apple Watch Series 8 juga memiliki dua ukuran layar yang bermain di angka 45 mm (396 x 484) dengan 1143 sq mm display area dan 41 mm (352 x 430) dengan 904 sq mm display area. Dua ukuran layar ini memiliki panel Retina LTPO OLED display dengan fitur Always-On yang memiliki kecerahan maksimal di angka 1000 nits.

Sama hal nya dengan Apple Watch Ultra, Watch Series 8 hadir dengan chipset garang S8 with 64-bit dual-core processor. Dengan adanya chipset kencang satu ini, segala keperluan bisa dikerjakan dengan mudah tanpa adanya gangguan seperti lag. Agar pengguna bisa memaksimalkan kinerja perangkat satu ini, Apple membekali Watch Series 8 dengan Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz and 5GHz dan Bluetooth 5.0 yang terbilang kencang dan stabil.

Apple Watch SE

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Produk terakhir dari Apple Watch series adalah Watch SE. Bisa dibilang Apple Watch SE adalah varian paling basic sekaligus murah dari jajaran Apple Watch yang rilis resmi di Indonesia. Meski merupakan varian paling reguler, Apple tetap memperhatikan Watch SE akan seperti apa jadinya.

Hal ini terbukti dengan diberikannya dua varian Watch SE yakni GPS + Cellular dan GPS only. Tidak hanya itu, Apple Watch SE juga memiliki desain kekinian dengan beberapa varian warna seperti Midnight, Starlight, dan Silver yang dibalut material Aluminum. Tidak lupa Apple merancang Apple Watch SE agar memiliki desain ramping dan ringan. Di sektor dimensi, Apple Watch SE memiliki ukuran 44 x 38 x 10.7 mm dengan bobot 33.0 g untuk versi GPS + Cellular dan 44 x 38 x 10.7mm 32.9 g untuk versi GPS only yang tentu ringan dan nyaman digunakan.

Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE masuk Indonesia, ini bedanya

foto: apple.com

Tidak hanya hador dalam dua varian ukuran, Apple Watch SE juga memiliki dua layar yang berbeda. Versi GPS + Cellular memiliki layar 44mm (368 x 448) dengan 977 sq mm display area. Sedangkan untuk varian GPS only, Apple Watch SE memiliki layar dengan ukuran 40mm (324 x 394) dengan 759 sq mm display area. Meski berbeda di sektor ukuran, dua varian layar yang digunakan memiliki panel Retina LTPO OLED display dengan kecerahan maksimal di angka 1000 nits.

Pada sektor dapur pacu, S8 SiP with 64-bit dual-core processor disematkan pada Apple Watch SE versi resmi Indonesia. Selain kencang, chipset satu ini juga memiliki efisiensi daya yang tinggi. Agar chipset yang digunakan bisa bekerja dengan maksimal, Apple membekali Watch SE dengan Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz dan Bluetooth 5.0 yang bisa dibilang stabil dan nyaman dipakai.

Harga

Apple Watch Ultra versi resmi Indonesia akan dijual dengan harga Rp 15;9 jutaan. Sedangkan untuk Apple Watch Series 8, jam tangan pintar tersebut bisa ditebus dengan harga Rp 7,9 jutaan untuk dimensi 41 mm dan Rp 8,5 jutaan untuk ukuran 45 mm. Varian laing basic dari Apple Watch series yakni Watch SE akan dibanderol dengan harga Rp 4,9 jutaan untuk ukuran 40 mm dan Rp 5,5 jutaan untuk varian 44 mm.

Mengingat harga launching global yang berada dijual dengan mata uang Dollar, harga Apple Watch Ultra, Series 8 dan Watch SE saat masuk ke Indonesia bisa dibilang sangat berbeda. Kenaikan harga yang terjadi tentu bukan tanpa alasan. Beberapa pertimbangan seperti ongkos kirim tentu menjadi faktor utama penyebab kenaikan harga yang terjadi.


(brl/guf)