Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

Techno.id - Setelah sukses menggegerkan dunia dengan kemunculan 4 produk anyar di lini iPhone, Apple dalam waktu yang bersamaan merilis lini Watch mereka. Tidak kalah gahar dari iPhone series, Apple merilis jam tangan pintar Watch Ultra, Watch Series 8,dan Watch SE untuk ,memperbarui lini Apple watch mereka. Ketiga seri Apple watch ini tentu hadir dengan spesifikasi berbeda.

Desain, fitur, teknologi, hingga harga yang ada pada ketiga produk ini tentu memiliki perbedaan. Meski hadir dengan beberapa perbedaan, namun Apple tidak pernah mengecewakan setiap konsumen mereka. Hal ini terbukti dengan keseriusan Apple dalam mendesain Apple Watch Ultra, Watch Series 8, dan Watch SE. Setiap produk yang ada memiliki perbedaan desain yang kentara.

Terlebih pada Watch Series 8 yang memiliki tujuh varian warna. Berkenaan dengan produk baru tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/9), beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch SE.

Apple Watch Ultra.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Dimulai dari varian paling tinggi Apple Watch series. Varian paling premium ini memiliki spesifikasi tertinggi. Apple Watch Ultra memiliki satu varian GPS + Cellular yang hadir dengan bahan Natural titanium yang membalut satu opsi warna Natural. Kesan elegan sangat kentara pada jam tangan pintar satu ini. Terlebih dimensi 49 x 44 x 14.4mm dan bobot 61.3 g yang membuatnya terkesan kokoh dan solid.

Layaknya sebuah smartwatch, Apple menyematkan layar dengan ukuran 49 mm (410 x502) Retina LTPO OLED display, 2000 nits dengan 1164 sq mm display area yang memiliki fitur Always-On. Layar dengan kualitas unggulan ini tentu sudah mampu menampilkan konten dan menu yang ada pada Watch Ultra dengan kualitas baik.

Tidak hanya mengunggulkan soal layar, Apple Watch Ultra juga memiliki beragam fitur menarik seperti L1 and L5 GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, and BeiDou, Compass, Blood oxygen sensor, Electrical heart sensor, Always-on altimeter, Water temperature sensor, Depth gauge, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, pengguna Apple Watch Ultra juga bisa membawa smartwatch ini untuk menyelam hingga 40m. Meski Apple memberikan dukungan Water resistant hingga 100 meters, namun jarak aman untuk menyelamkan smartwatch ini ada di angka 40m.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Sedangkan sektor dapur pacu dari Apple Watch Ultra sendiri menggunakan chip S8 with 64-bit dual-core processor yang diklaim 20% lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Dukungan chipset kencang ini dibarengi dengan koneksi jaringan LTE, UMTS, Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz and 5GHz, dan Bluetooth 5.3. Tidak hanya unggul di sektor desain, nampaknya Apple memberikan perhatian lebih pada Watch Ultra pada bagian jeroan agar memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat satu ini.

Untuk baterai sendiri, Apple Watch Ultra memiliki ketahanan hingga 36 jam dan 18 jam jika menggunakan jaringan LTE. Kapasitas real baterai Watch Ultra sendiri tidak dibeberkan oleh Apple. Yang jelas Apple Watch Ultra bisa di charge menggunakan USB-C magnetic fast charging cable.

Apple Watch Series 8.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Varian terakhir dari Apple Watch adalah Watch Series 8. Varian ini mungkin akan menjadi produk smartwatch Apple yang memiliki banyak peminat. Pasalnya, Apple Watch Series 8 merupakan varian yang berada di tengah-tengah. Sama lain dengan Watch Ultra, Apple Watch Series 8 memiliki dua opsi GPS + Cellular dan GPS only.

Pada sektor fisik, Apple Watch Series 8 memiliki varian warna dan material yang lebih beragam dibanding Watch Ultra dan Watch SE. Apple Watch Series 8 memiliki varian warna Midnight, Starlight, Silver, dan (PRODUCT) RED yang dibalut material Aluminum serta Graphite (PVD), Silver, dan Gold (PVD) dengan material Stainless Steel.

Dimensi Apple Watch Series 8 memiliki dua ukuran yaitu 45 x 38 x 10.7mm dengan bobot 38.8 g (Aluminum, GPS, GPS + Cellular) dan 51.5 g (Stainless Steel) serta 41 x 35 x 10.7mm 32.0 g(Aluminum, GPS, GPS + Cellular) dan 42.3 g (Stainless Steel).

Layar Apple Watch Series 8 sendiri tersedia dalam dua ukuran. Varian 45mm (396 x 484) dengan 1143 sq mm display area dan 41mm (352 x 430) dengan 904 sq mm display area. Dua ukuran layar ini memiliki panel Retina LTPO OLED display dengan fitur Always-On yang memiliki kecerahan maksimal di angka 1000 nits.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Fitur Apple Watch Series 8 sendiri secara umum sama seperti Watch Ultra. Hanya saja ada beberapa penyesuaian seperti menghilangkannya fitur Water temperature sensor, Depth gauge, serta Dive ready. Meski ada pengurangan, Apple Watch Series 8 memiliki kelebihan di sektor GPS Capacity yang memiliki ukuran 32GB.

Bagian yang tidak kalah penting pada Apple Watch Series 8. Sama seperti Watch Ultra, Apple Watch Series 8 sudah dibekali dengan chip S8 with 64-bit dual-core processor. Chipset kencang ini dibarengi dengan Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz and 5GHz dan Bluetooth 5.0 yang bisa digunakan dengan mudah untuk menjalankan keperluan setiap orang.

Pada sektor daya, Apple juga tidak menyebutkan kapasitas baterai Watch Series 8. Namun Apple menuliskan pada website resminya bahwa Watch Series 8 mampu digunakan hingga 18 jam. Penggunaan ini juga didukung modul pengisian daya USB-C magnetic fast charging cable.

Apple Watch SE.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Varian terakhir adalah Apple Watch SE. Mengadopsi tampilan yang sedikit berbeda dari Watch Series 8, nampaknya Apple Watch SE bisa digadang sebagai opsi paling terjangkau. Apple Watch SE sendiri memiliki dua varian GPS + Cellular dan GPS only sama seperti Watch Series 8 dengan desain yang lebih simpel namun tidak menghilangkan kesan mewah dan elegan. Varian warna Midnight, Starlight, dan Silver hadir dengan bahan Aluminum. Kesan kokoh dan solid didukung dengan dimensi 44 x 38 x 10.7mm 33.0 g.

Versi GPS only pada Apple Watch SE sendiri sejatinya tidak jauh berbeda dengan varian GPS + Cellular. Dimensi, varian warna, dan material yang sama disematkan pada varian GPS only. Namun bobot dari perangkat satu ini sedikit lebih ringan diangkat 32.9 g.

Sektor layar dari Apple Watch SE sendiri pada dasarnya mengalami banyak perubahan dari Watch Ultra dan Watch Series 8. Apple Watch SE memiliki dua ukuran layar 44mm (368 x 448) dengan 977 sq mm display area dan 40mm (324 x 394) dengan 759 sq mm display area. Meski berbeda, kedua varian layar ini memiliki panel Retina LTPO OLED display yang memiliki kecerahan maksimal di angka 1000 nits.

Rilis bersamaan, ini beda Apple Watch Ultra, Watch Series 8, & Watch S

foto: apple.com

Untuk segi fitur sendiri, Apple Watch SE mengalami beberapa pengurangan fitur. Beberapa sensor seperti Blood oxygen sensor, Electrical heart sensor, Water temperature sensor, Depth gauge, dan Dive ready dihilangkan oleh Apple. Namun fitur lain yang ada pada Apple Watch Ultra juga ada pada Watch SE meski ada beberapa ubahan.

Sektor dapur pacu dari Apple Watch SE juga tidak mengalami banyak ubahan. Penggunaan chipset S8 SiP with 64-bit dual-core processor dipadukan dengan Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4GHz dan Bluetooth 5.0. Memang penggunaan versi Bluetooth pada Watch SE sedikit diturunkan, namun mengingat varian ini cukup kencang, proses pengoneksian Watch SE tentu bisa berlangsung dengan normal.

Masih sama, Apple juga tidak menjelaskan secara detail kapasitas baterai Apple Watch SE. Namun Apple menjelaskan bahwa penggunaan Watch SE mampu bertahan hingga 18 jam. Kabar baiknya, Apple juga memberikan Watch SE dukungan pengisian daya menggunakan USB-C magnetic charging cable sama seperti Watch Ultra.


Harga dari ketiga perangkat tersebut tentu memiliki perbedaan. Apple Watch Ultra yang merupakan varian tertinggi dibanderol dengan harga $799 atau setara Rp 11,8 jutaan. Apple Watch Series 8 yang merupakan varian tengah dibanderol seharga $399 atau setara Rp 5,9 jutaan. Sedangkan Apple Watch SE hadir dengan harga Rp 3,6 jutaan.

(brl/tin)