Apple akui masalah overheating iPhone 15 Pro, solusinya pembaruan perangkat lunak bakal segera dirilis

Apple akui masalah overheating iPhone 15 Pro, solusinya pembaruan perangkat lunak bakal segera dirilis

Techno.id - Apple lagi-lagi diterpa isu miring mengenai iPhone yang terlalu panas (overheating). Jika beberapa waktu lalu ramai mengenai kasus panas berlebih pada iPhone 12, kini Apple menerima keluhan serupa dari pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang baru saja diluncurkan pertengahan September lalu.

Seperti dilaporkan neowin.net yang melansir 9to5mac.com, Apple dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pembaruan perangkat lunak akan segera hadir untuk mengatasi masalah panas berlebih tersebut.

Masalah yang muncul tampaknya berasal dari bug pada iOS 17 dan pembaruan terbaru untuk beberapa aplikasi pihak ketiga, termasuk Instagram yang membebani chip A17 Pro. Apple mengatakan bahwa mereka bekerja secara langsung dengan pengembang aplikasi seperti Instagram untuk melakukan perbaikan.

Apple akui masalah overheating iPhone 15 Pro, solusinya pembaruan perangkat lunak bakal segera dirilis foto: apple

Analis Apple Ming-Chi Kuo berpendapat, Apple berkompromi dengan pendinginan dalam upayanya untuk mendapatkan iPhone 15 Pro yang lebih ringan. Selain itu, beberapa laporan berspekulasi bahwa desain bingkai titanium baru iPhone 15 Pro dapat menyebabkan panas berlebih. Namun, Apple mengklaim bahwa bahan barutersebut memungkinkan pembuangan panas yang lebih baik daripada iPhone baja tahan karat sebelumnya.

Apple menegaskan telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih panas dari yang diharapkan. Perangkat mungkin terasa lebih hangat selama beberapa hari pertama setelah mengatur atau memulihkan perangkat karena peningkatan aktivitas latar belakang.

Selain itu Apple juga menemukan bug pada iOS 17 yang berdampak pada beberapa pengguna dan akan diatasi dalam pembaruan perangkat lunak. Masalah lain melibatkan beberapa pembaruan terbaru untuk aplikasi pihak ketiga yang membebani sistem.

Apple menekankan bahwa panas berlebih bukanlah masalah keamanan, dan juga tidak akan berdampak pada kinerja jangka panjang. Apple mengatakan jika iPhone baru berjalan lebih panas pada awalnya saat perangkat mengindeks foto dan konten lain di latar belakang adalah normal.

Apple akui masalah overheating iPhone 15 Pro, solusinya pembaruan perangkat lunak bakal segera dirilis foto: apple

Bug ini diantisipasi untuk diselesaikan di iOS 17.1, yang saat ini dalam versi beta dan dijadwalkan untuk rilis dalam waktu dekat. Sebagai alternatif, pembaruan berikutnya, seperti iOS 17.0.3, dapat secara khusus menargetkan bug yang menyebabkan panas berlebih pada model-model baru. Sayangnya Apple tidak memberikan tanggal rilis yang pasti, tetapi mengatakan bahwa perbaikan akan segera hadir.

Untuk saat ini, pemilik iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max harus rela perangkat mereka berjalan lebih hangat dari biasanya dalam kondisi tertentu.

(brl/red)