Anti UAV, untuk jatuhkan drone liar dan mengancam secara paksa

image

Techno.id - Penggunaan drone di seluruh dunia tampaknya semakin berkembang saja. Tak sekedar untuk hobi, melainkan banyak yang menggunakannya untuk kepentingan militer, atau bahkan, menyerang pangkalan militer. Namun penangkal drone liar tersebut telah berhasil dibuat oleh sebuah perusahaan.

Seperti yang dilansir oleh Popular Science pada hari Sabtu (10/10/15) lalu, sebuah perusahaan di Inggris telah berhasil membuat teknologi anti-drone. Teknologi ini berguna untuk menjatuhkan drone yang dianggap liar dan mengancam.

Anti UAV, untuk jatuhkan drone liar dan mengancam secara paksa

Berbekal kamera pengawas dan radar, teknologi yang bernama Anti UAV Defense System ini ternyata dibuat dari hasil kerjasama antara 3 perusahaan besar yaitu Blighter Surveillance Systems, Chess Dynamics, dan Enterprise Control. Teknologi ini adalah gabungan dari radar, kamera pengawas, dan jamming system yang sangat berguna untuk memaksa turun drone liar.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, kamera pengawas dan radar akan menangkap drone yang terbang mendekat dalam parameter tertentu, kemudian sistem dalam Anti UAV akan 'membajak' dan memaksa drone yang terkunci tersebut untuk turun, dan mendaratkannya di area aman.

Anti UAV bisa menemukan drone yang terbang dalam radius 5 km. Cukup aman jika digunakan untuk kepentingan militer demi menjaga keamanan dan infrastruktur jaringan dari tangan-tangan tak bertanggung jawab. Nah, jika Anda masih penasaran dengan cara kerja alat ini, tonton saja video berikut...

(brl/red)