Di Singapura, berkirim surat pun bisa pakai jasa drone

Di Singapura, berkirim surat pun bisa pakai jasa drone

Techno.id - Kian berkembangnya teknologi saat ini membuat layanan pos asal Singapura, SingPost berencana akan meluncurkan layanan pengantar surat dengan menggunakan jasa pesawat tanpa awak alias drone. Selain surat, paket pun rencananya juga bisa diantar menggunakan layanan yang menggunakan platform Pixhawk Steadidrone besutan Infocomm Development Authority of Singapore (IDA) Labs.

Dalam video ujicoba yang diunggah pihak SingPost di situs video YouTube, nampak drone berhasil mengirimkan surat dan paket berisi t-shirt dengan jarak lebih dari dua kilometer.

Seperti dilansir oleh TheNextWeb (8/10/15), keberhasilan drone mengantar paket atau surat hingga tempat tujuan diakui pihak SingPost tak lepas dari adanya prototipe aplikasi yang terhubung langsung dengan drone. Prototipe aplikasi tersebut kabarnya dirancang dengan fitur keamanan dan verifikasi, sehingga menjamin surat sampai ke tempat atau orang yang tepat.

Selain SingPost, layanan pengantar surat dan paket asal Swiss, Swiss Post juga berencana akan menggunakan jasa drone untuk mengirim paket dan surat di salah satu negara yang terletak di benua Eropa tersebut. Sama halnya dengan SingPost, layanan pengantar surat dan paket menggunakan drone milik Swiss Post bakal ditujukan untuk pengiriman paket dan surat dalam situasi darurat dan untuk menjamah daerah-daerah terpencil.

(brl/red)