Adam Mosseri beberkan cara kerja algoritma Instagram, tak pakai satu sistem

Adam Mosseri beberkan cara kerja algoritma Instagram, tak pakai satu sistem

Penjelasan cara kerja algoritma Instagram

Tak hanya menerapkan satu algoritma

Adam Mosseri beberkan cara kerja algoritma Instagram, tak pakai satu sistem foto: about.instagram.com

Mosseri menambahkan bahwa Instagram tidak menggunakan satu sistem algoritma saja. Tetapi beberapa algoritma yang diterapkan untuk semua konten yang diunggah ke platform Instagram. Terdapat algoritma tertentu di setiap jenis konten yang diunggah.

Kami menggunakan beragam algoritma, melakukan klasifikasi, dan memproses setiap (data) berdasarkan tujuan. Kami ingin memanfaatkan waktu pengguna sebaik mungkin dan mempercayai teknologi personalisasi pengalaman pengguna adalah langkah terbaik, tambahnya.

Mosseri menyebutkan bahwa konten Instagram baik berupa Feed, Stories, Explore, Reels, Search, dan lainnya menggunakan sistem algoritma masing-masing serta berbeda antara satu dan lainya.

Adam Mosseri beberkan cara kerja algoritma Instagram, tak pakai satu sistem foto: about.instagram.com

Sebagai contoh, Feeds IG menggunakan algoritma data dari aktivitas pengguna, informasi tentang unggahan yang dilihat, siapa yang mengunggah konten, dan riwayat interaksi pengguna terhadap konten tertentu. Kemudian data-data yang dihimpun akan tersimpan di dalam sistem algoritma untuk menyuguhkan konten relevan di Feeds IG pengguna.

Lebih lanjut, algoritma tersebut berbeda dengan IG Stories. Di tools cerita Instagram, algoritma menggunakan riwayat pengguna melihat Stories, riwayat keterkaitan dengan konten, dan kedekatan antara pengguna. Artinya semakin banyak interaksi dari pengguna maka sistem akan mendeteksi kedekatan dari akun tersebut. Nantinya akun yang mempunyai interaksi lebih intens, maka akan ditampilkan terlebih dahulu, bahkan diprioritaskan.

Anggapan bahwa Instagram hanya memperhatikan para kreator konten terkenal dan mengesampingkan kreator konten pendatang baru tak sepenuhnya benar. Pasalnya memang Instagram menggunakan algoritma tersendiri di setiap tools yang digunakannya. Semoga bermanfaat.

(brl/red)