7 Dampak ChatGPT bagi dunia pendidikan, penggunaan perlu lebih diperhatikan

7 Dampak ChatGPT bagi dunia pendidikan, penggunaan perlu lebih diperhatikan

Techno.id - Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap orang, khususnya generasi muda. Melalui pendidikan yang tepat, bukan tidak mungkin kualitas peserta didik dapat meningkat. Bahkan, belum lama ini Pemerintah Indonesia secara terbuka membuat kurikulum baru yang dinamakan Kurikulum Merdeka.

Dalam kurikulum tersebut, terdapat tuntutan yang berbunyi bahwa proses pembelajaran harus menggunakan teknologi. Jika dikaitkan dengan fenomena saat ini yang sedang marak bicara soal ChatGPT, tentu AI tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperlancar proses pendidikan.

ChatGPT bisa digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan menjadi alternatif unggulan. Namun perlu diketahui, penggunaan ChatGPT dalam dunia pendidikan tentu memiliki dampak positif dan negatif. Bahkan beberapa negara sudah banyak yang memblokade penggunaan AI tersebut.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (11/2), 7 dampak positif dan negatif ChatGPT di dunia pendidikan.


(brl/guf)