7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal

7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal

Techno.id - Secara default, pengaturan tampilan setiap ponsel Android disesuaikan dengan apa yang paling cocok untuk sebagian besar pengguna. Tetapi kamu dapat mengubah banyak pengaturan tersebut untuk membuatnya lebih personal, sesuai selera mulai dari tingkat kecerahan, kejelasan warna, ukuran huruf, dan sebagainya.

Namun pengaturan tampilan untuk setiap merek dan setiap versi Android agak berbeda. Jadi techno.id dalam artikel ini akan fokus pada pengaturan yang penting dan ditemukan pada semua ponsel dari produsen besar. Jika kamu tidak dapat menemukan opsi tertentu pada menu tampilan ponsel kamu, lakukan pencarian cepat di pengaturan sistem untuk menemukannya.

1. Mode gelap dan cahaya malam

7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Semua ponsel Android modern memiliki opsi untuk menyalakan mode gelap atau tema dalam pengaturan tampilan umum. Kamu juga dapat mengonfigurasikannya untuk menyala dan mati pada waktu-waktu tertentu, seperti matahari terbit dan terbenam.

Opsi ini layak diaktifkan karena dapat mengurangi ketegangan mata di malam hari dan berpotensi meningkatkan kualitas tidur kamu. Sebagian orang juga lebih menyukai latar belakang yang gelap daripada latar belakang yang terang.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke pengaturan sistem dan cari Mode Gelap. Kamu akan melihat sesuatu di sepanjang garis mode Gelap atau tema Gelap, tergantung pada merek ponsel kamu.

Setelah ditemukan, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya secara manual. Jika menyukai fitur ini, kamu akan menemukan opsi untuk menjadwalkannya secara permanen di ponsel. Kamu juga dapat mengaktifkan mode gelap di aplikasi ponsel cerdas popular secara individual.

Pengaturan lain untuk mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kualitas tidur adalah Night Light atau Eye Comfort Shield. Fitur ini bekerja dengan mengubah warna layar menjadi warna yang lebih menenangkan. Cari Night atau Eye jika kamu tidak dapat menemukannya. Seperti tema gelap, kamu dapat menyalakan atau mematikan pengaturan ini secara manual atau menjadwalkannya untuk bekerja secara otomatis. Selain itu, kamu dapat mengatur intensitasnya sesuai dengan keinginan.

2. Tampilan dan ukuran huruf

7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Berikutnya adalah opsi untuk menyesuaikan ukuran elemen pada layar. Pengaturan ini cukup mudah, karena kamu dapat menggerakkan slider ke kanan untuk memperbesar dan memperkecil. Kamu akan menemukannya di bawah ukuran tampilan pada beberapa ponsel, sementara itu mungkin memiliki nama seperti Zoom Layar pada ponsel lain.

Biasanya, kamu mendapatkan satu penggeser untuk menyesuaikan ukuran huruf, dan satu lagi untuk menyesuaikan ukuran elemen seperti ikon dan gelembung pesan. Kamu dapat mengonfigurasi penggeser ini sesuai dengan apa yang terasa nyaman di mata.

3. Warna

7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pengaturan tampilan Android lainnya yang bisa kamu ubah adalah warna. Kamu bisa mengaturnya agar terlihat alami atau cerah, dan biasanya ada opsi agar warna beradaptasi secara otomatis dengan apa pun yang kamu lihat di layar.

Pengaturan ini layak untuk diubah karena dapat meningkatkan pengalaman secara signifikan, terutama jika kamu menonton banyak film di perangkat.

Jika kamu tidak dapat menemukannya dengan nama ini, cari Contrast atau Saturation, dan kamu akan menemukan opsi yang agak mirip di ponsel kamu.

4. Kecerahan

7 Cara mengatur tampilan ponsel Android agar terlihat lebih personal foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pengaturan kecerahan adalah salah satu penyesuaian ponsel yang paling dasar namun penting. Kamu dapat mengaturnya secara manual atau mengaktifkan kecerahan Otomatis atau Adaptif untuk mengatur kecerahan secara otomatis berdasarkan tingkat cahaya di luar atau di dalam ruangan.

Fitur ini juga mempelajari preferensi kamu, sehingga akan mulai beradaptasi secara cerdas semakin sering kamu menggunakan ponsel.

Pengaturan ini hampir sama pada semua ponsel. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di menu tampilan. Lihat perbaikan ini jika Kecerahan Otomatis tidak berfungsi pada perangkat Android kamu.

(brl/red)