7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya

7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Umumnya para pengguna iPhone menginginkan baterai perangkat mereka bisa bertahan cukup lama hingga tidak perlu mengisi daya dalam sehari. Namun faktanya, seringkali tidak.

iPhone bahkan harus diisi daya satu atau dua kali dalam sehari. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat baterai iPhone bertahan lebih lama. Berikut beberapa cara yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai iPhone kamu.

1. Restart paksa

7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik/suwant

Untuk iPhone 8 dan yang lebih baru kamu tekan dan lepaskan tombol volume atas, lalu volume bawah, lalu tekan dan tahan tombol daya hingga layar menjadi hitam dan logo Apple muncul kembali.

Sementara untuk iPhone 7 dan 7 Plus, tekan terus tombol volume turun dan tombol daya hingga layar menjadi hitam dan logo Apple muncul kembali. Untuk iPhone 6S dan yang lebih tua, tekan terus tombol home dan daya hingga layar menjadi hitam dan logo Apple muncul kembali.

2. Memperbarui perangkat lunak

7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Memperbarui sistem operasi dan aplikasi juga dapat mengatasi masalah daya tahan baterai. Sebab, perangkat lunak yang tidak dioptimalkan dengan baik atau bermasalah dapat menjadi pembunuh baterai.

Jika baterai kamu tiba-tiba terkuras, mungkin saja ada aplikasi yang diperbarui, atau ponsel kamu memasang patch. Versi yang lebih baru dapat menyertakan fitur yang lebih banyak menggunakan sumber daya, atau mengandung bug yang membuat baterai kamu cepat habis.

Periksa apakah ada aplikasi yang baru saja diperbarui. Di App Store, pilih ikon profil di sudut kanan atas untuk mengakses aplikasi yang kamu miliki atau yang telah diunduh.

Di bagian bawah ada daftar aplikasi yang memerlukan pembaruan, dan di bawahnya akan ditampilkan aplikasi yang baru saja diperbarui. Bandingkan dengan penggunaan baterai jika perlu.

Keluar dari aplikasi apa pun yang tampaknya menjadi penyebabnya dan lihat apakah aplikasi tersebut membuat perbedaan pada masa pakai baterai. Copot pemasangan aplikasi apa pun yang tumpang tindih dengan penggunaan tinggi dan pembaruan terkini. Jika daya tahan baterai membaik, coba pasang kembali aplikasi tersebut. Penginstalan OS yang baru adalah tindakan untuk mengatasi daya tahan baterai

3. Turunkan kecerahan layar

7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik/dragana_gordic

Kecerahan layar yang tinggi adalah pembunuh utama daya tahan baterai. Kamu bisa mengaktifkan kecerahan otomatis dengan membuka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan dan Ukuran Teks. Tombol pengalih kecerahan otomatis ada di bagian bawah menu ini.

4. Periksa kesehatan baterai

7 Penyebab baterai iPhone cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik/fclc

Semua baterai isi ulang akan menurun seiring waktu. Kondisi ini dapat menyebabkan masa pakai baterai yang buruk. Tidak hanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya yang terkuras saat digunakan, baterai juga dapat rusak secara tiba-tiba.

Kamu bisa memeriksa kesehatan baterai dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Apakah ada tulisan Service (Servis)? Jika ya, lanjutkan ke Bagian Baterai Rusak.

Menurut pedoman Apple, apa pun dengan kapasitas kurang dari 80% membutuhkan layanan baterai, meskipun dapat mendeteksi kegagalan lainnya juga. Jika tertulis Service, baterai baru adalah awal yang masuk akal.

Kemudian cari tanda-tanda pembengkakan baterai. Apakah ada perubahan warna layar yang terlokalisasi di sisi kiri (atau sisi kanan untuk iPhone seri 12 dan 13). Apakah layar terangkat di satu sisi? Ganti baterai jika ada indikasi kegagalan. Berhati-hatilah saat menangani baterai. Baterai lithium-ion dapat berbahaya jika rusak.

(brl/red)