5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat

Techno.id - Telkomsel melalui Telkomsel Enterprise baru-baru ini mengeluarkan hasil riset bertajuk "Ramadan Insight 2024". Berdasarkan hasil riset melalui pemanfatan online survey tsurvey.id dan telco data insight tersebut, Telkomsel menemukan beberapa fakta mengenai pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital. terbukti akses internet untuk berbagai aktivitas seperti browsing, gaming, dan chatting selama Ramadan semakin tinggi.

Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan, hasil riset ini merupakan upaya Telkomsel untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama periode Ramadan. Lantas seperti apa hasil riset ini? Berikut faktanya.

1. Komunitas gamers dan segmen anak muda

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat foto: techno.id/yani andriyansyah

Terjadi peningkatan trafik data selama Ramadan di berbagai komunitas seperti gamers. Pada komunitas ini terjadi peningkatan trafik data sebesar 20%, terutama selama waktu ngabuburit. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan ngabuburit dengan bermain game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox yang paling diminati.

Sedangkan segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10%, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadhan.

2. Para pemburu promo

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat foto: freepik

Di sisi lain, Komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26% pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini. Mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33%, siang hari 21%, dan sebelum berbuka puasa 23%.

3. Donasi dan rencana mudik

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat foto: telkomsel

Kemudian melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukan fakta bahwa sebanyak 69% responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadhan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang diterima dalam bentuk cash 83% dan transfer bank 12%.

Kemudian 68% responden menyatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mudik, di mana mayoritas responden menyesuaikan jadwal libur dan cuti mereka untuk mudik satu minggu sebelum lebaran. Selain itu sebagian besar responden membeli tiket mudik satu bulan sebelum lebaran.

Untuk melaksanakan mudik, mode transportasi kendaraan pribadi mobil dan motor menjadi yang paling banyak di pilih, kemudian di ikuti kereta api, pesawat dan bus.

4. Belanja

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat foto: freepik/atstockproductions

Selain donasi dan mudik, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadhan. Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja. Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60% responden, diikuti Tokopedia 20% dan Lazada 10%. Kemudahan berbelanja, gratis ongkos kirim, dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi alasan utama konsumen memilih e-commerce.

5. Pengeluaran dan belanja gadget

5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat foto: freepik/user14517434

Terkait pengeluaran selama Ramadhan, sebanyak 78% responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran. Mayoritas dari mereka meningkatkan pengeluarannya sebanyak satu sampai dengan tiga kali di atas pengeluaran biasanya, dengan lima prioritas pengeluaran utama seperti sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan hingga tiket mudik.

Selain itu gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadhan. Pelajar merupakan segmen yang paling membutuhkan gadget baru dengan 56%, kemudian di ikuti pekerja dan wiraswasta. Mereka cenderung membeli jenis perangkat ini secara teratur dengan persentase pembelian handphone sebesar 63%, laptop sebesar 22%, dan 7% dari responden juga membeli TV baru.

(brl/red)