4 Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series

4 Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series

Techno.id - Migrasi dari Lightning ke USB-C pada perangkat iPhone 15 Series menjadi salah satu topik yang banyak mendapat perhatian para Fanboy, penggemar produk Apple. Sebab setelah lebih dari satu dekade menggunakan Lightning, Apple akhirnya harus beralih ke USB-C pada perangkat anyar mereka.

Kabarnya, USB-C yang digunakan pada iPhone 15 Series tidak seperti perangkat USB-C pada umumnya. Karena itu tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang port USB-C baru pada iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

USB-C, atau Universal Serial Bus Type-C, adalah penghubung standar untuk perangkat elektronik modern. Hadir dengan desain 24-pin yang simetris di mana pengguna dapat menyolokkannya dengan cara apa pun tanpa perlu mengkhawatirkan sisi mana yang menghadap ke atas, seperti port Lightning Apple.

Konektor ini diadopsi secara luas di seluruh produsen dan perangkat, termasuk laptop, smartphone, dan aksesori. Selain kompatibilitas yang lebih luas, pengguna juga mendapatkan arus transfer data yang lebih cepat dengan standar USB 3.1 yang lebih baru.

Peralihan Apple ke iPhone USB-C berarti satu kabel untuk semua perangkat Apple (Mac, iPad, AirPods Pro generasi ke-2, dan lain sebagainya). Menariknya port ini juga kompatibilitas silang dengan ponsel Android.

Hal ini juga memungkinkan transfer data dan pengisian daya yang lebih cepat. Inilah alasan mengapa USB-C pada iPhone merupakan hal yang cukup mendapat perhatian banyak orang. Lantas apa saja sih fakta menarik pada USB-C iPhone anyar ini?

1. USB-C pada model iPhone 15

4 Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series foto: apple

Keempat iPhone yang dirilis tahun ini, iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, telah beralih dari port Lightning ke USB Type-C. Sekarang pengguna dapat mengisi daya menggunakan kabel yang sama dengan iPad dan Mac yang keduanya sudah tidak lagi menggunakan port Lightning beberapa tahun lalu.

Sayangnya, hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang mendapatkan port USB-C 3 dengan kecepatan hingga 10Gbps. Sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hadir dengan USB-C 2 yang lebih lama dengan kecepatan hingga 480Mbps. Meskipun hal ini tidak akan memengaruhi kecepatan pengisian daya, namun berdampak pada transfer data.

2. Kabel iPhone 15 Series

4 Fakta yang perlu diketahui mengenai port USB-C iPhone 15 Series foto: apple

Semua model iPhone 15 dilengkapi kabel pengisian daya cepat USB-Tipe C ke USB-Tipe C. Namun, kabel ini hanya mendukung USB 2.0. Dengan kabel ini kamu dapat mengisi ulang AirPods Pro (generasi ke-2) atau Apple Watch yang diperbarui langsung dari iPhone menggunakan konektor USB-C yang baru. Ini dapat digunakan dengan kabel USB C-ke-C apa pun.

(brl/red)