Ini penyebab baterai laptop membengkak, begini cara mengganti dan merawatnya

Ini penyebab baterai laptop membengkak, begini cara mengganti dan merawatnya

Techno.id - Selain smartphone, laptop merupakan perangkat yang juga sangat diandalkan untuk menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan. Bagi sebagain orang, pemakaian laptop juga nyaris serupa dengan smartphone, menjadi perangkat yang didunakan sehari-hari.

Tak heran jika baterai laptop juga mengalami penurunan kinerja. Bahkan untuk beberapa kasus, baterai laptop dapat membengkak. Ada banyak faktor yang membuat baterai laptop membengkak, di antaranya karena cacat produksi seperti ukuran pemisah katoda-anoda yang tidak tepat, terjadi kerusakan fisik pada baterai selama pergerakan laptop, atau pengisian daya yang salah.

Baterai yang membengkak membuat laptop tidak dapat digunakan. Segera hentikan pengisian daya baterai jika kamu melihat adanya pembengkakan baterai. Karena pengisian lebih lanjut dapat menyebabkan pembengkakan ebih jauh atau, dalam kasus yang ekstrim bisa mengakibatkan ledakan.

Satu-satunya pilihan yang memungkinkan adalah menggantinya dengan yang baru. Berikut cara mengganti baterai laptop yang sudah membengkak.

Ini penyebab baterai laptop membengkak, begini cara mengganti dan merawatnya foto: freepik/bublikhaus

1. Sebelum melepas baterai, periksa apakah garansi masih berlaku. Jika masih, bawa laptop kamu ke service center atau vendor resmi. Mereka dapat membongkar laptop dan memasang baterai pengganti secara gratis. Jika tidak, yang terbaik adalah melakukannya sendiri.

2. Jika laptop kamu memiliki baterai eksternal, geser pengait di bagian belakang laptop untuk mengeluarkan baterai.

3. Namun jika kamu memliki laptop dengan sistem baterai tanam, proses melepasnya sedikit rumit dan berbeda pada tiap jenis laptop.

4. Pertama, matikan laptop dan letakkan di atas meja kerja yang bersih. Kemudian, buka semua sekrup di bagian belakang dan lepaskan panel belakang.

5. Cari kabel baterai dan lepaskan. Kemudian, buka semua sekrup yang menahan baterai pada tempatnya.

6. Keluarkan baterainya. Beberapa model lain mungkin menggunakan perekat untuk memasang baterai. Dalam kasus seperti itu, gunakan alat pencongkel untuk melepaskannya dengan lembut.

7. Setelah terbuka, ganti baterai dengan yang baru untuk model laptop kamu. Sangat dianjurkan menggunakan baterai orisinil sesuai dengan merek laptop kamu.

8. Pasang kembali panel belakang dan sekrup.

(brl/red)