WhatsApp menambahkan kunci sandi di platform Android, begini cara menggunakannya  

WhatsApp menambahkan kunci sandi di platform Android, begini cara menggunakannya  

Techno.id - Aplikasi berbagi pesan WhatsApp besutan Meta menambahkan kunci sandi ke aplikasi Android untuk meningkatkan keamanan pengguna. Tidak seperti metode masuk tradisional yang menggunakan nama pengguna dan kata sandi, setiap kunci sandi adalah kunci digital unik yang tidak dapat digunakan kembali.

Kunci sandi dapat digunakan dengan perangkat yang sudah pengguna miliki, seperti ponsel cerdas, dan dibuat berdasarkan standar WebAuthentication atau WebAuthn.

Karena kunci sandi disimpan dalam format terenkripsi di perangkat pengguna, bukan di server perusahaan, maka kunci sandi juga aman jika terjadi pelanggaran data atau bahkan jika pengguna menjadi korban serangan phishing.

Sebuah perintah diperlukan untuk mengaktifkan kunci sandi ketika masuk, yang bisa berupa login biometrik seperti pemindaian sidik jari, PIN, atau kunci perangkat keras. WhatsApp meluncurkan fungsionalitas baru ini sekarang, meskipun mungkin tidak menjangkau semua pengguna secara bersamaan. Pengguna dapat memeriksa apakah kode sandi telah sampai ke aplikasi Android mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka WhatsApp

2. Pilih 'Pengaturan' dari menu tiga titik

3. Buka 'Akun'

4. Passkeys akan menjadi opsi yang terlihat jika tersedia untuk pengguna.

Kunci sandi memiliki elemen publik dan privat. Kunci publik dikirim ke server perusahaan, sedangkan kunci privat tetap berada di perangkat pengguna. Pada perangkat Android, kunci ini disimpan di Pengelola Kata Sandi Google.

(brl/red)