10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z

10 Teknologi lawas

6. Mesin faks

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z foto: ubuntuconnect.co.za

Mesin faks pernah digunakan secara luas pada era 1980-an dan 1990-an untuk mengirimkan dokumen melalui saluran telepon. Sekarang cara tersebut telah digantikan metode elektronik seperti email dan penyimpanan cloud.

Pada zamannya, mesin faks menyediakan cara cepat untuk mengirim dokumen secara elektronik. Seseorang akan memindai satu set dokumen di salah satu ujungnya dan dokumen tersebut akan dicetak di lokasi penerima. Kini fungsional mesin faks telah digantikan oleh email, dan bahkan email pun sebagian besar telah dikalahkan oleh layanan pesan teks seperti WhatsApp.

7. Kamera film

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z foto: techno.id/yani andriyansyah

Sebelum munculnya kamera digital, satu-satunya cara untuk mengambil foto adalah dengan menggunakan kamera film. Setelah membidik gambar, si pemotret tidak bisa langsung melihat hasilnya. Dia juga tak pernah tahu apakah foto yang dihasilkan tersebut jernih atau tidak.

Sebab foto tersebut harus diproses terlebih dahulu di kamar gelap untuk dijadikan negatif film. Para fotografer harus bersusah payah mengekspos beberapa negatif pada kertas foto, dengan satu foto yang terkadang membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuatnya.

Kini kebutuhan untuk membeli dan memuat film, ditambah dengan biaya pengembangan, telah membuat fotografi film menjadi hobi khusus yang kemungkinan besar tidak akan pernah dialami Gen Z.

8. Pager

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z foto: silicon.co.uk

Pada zamannya, pager bisa menjadi simbol status. Saat itu menggunakan pager adalah hal yang trendi. Pager adalah cara terbaik untuk tetap berhubungan dan menghubungi seseorang saat mereka tidak berada di rumah.

Pager adalah perangkat ringkas yang biasanya dikenakan di ikat pinggang. Ketika seseorang perlu menghubungi orang lain, maka ia dapat menghubunginya melalui pager. Selanjutnya, pager akan mengeluarkan bunyi bip, yang menunjukkan nomor penelepon agar penerima dapat membalas panggilan tersebut.

9. Proyektor slide

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z foto: unsplash/alexander andrews

Proyektor slide adalah perangkat untuk melihat foto negatif. Kodak memainkan peran penting dalam mempopulerkan proyektor slide. Untuk menggunakannya, fotografer akan membuat foto negatif menjadi slide dan memasukkannya ke dalam proyektor slide sebagai alat peraga untuk menampilkan slide foto ke dinding atau layar besar. Serupa dengan banyak teknologi lawas lainnya, smartphone telah membuat proyektor slide menjadi usang.

10. Mesin penjawab

10 Perangkat teknologi lawas yang tidak akan pernah dipelajari Gen-Z foto: wikipedia/norbert schnitzler

Mesin penjawab adalah perangkat yang digunakan untuk merekam pesan ketika seseorang jauh dari rumah sebelum munculnya pesan suara. Perangkat ini menggunakan tape recorder untuk menangkap pesan yang ditinggalkan di telepon rumah, sehingga pengguna dapat mendengarkannya di lain waktu.

(brl/red)