CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 14 Februari 2016 12:00

YouTube akuisisi startup musik BandPage, untuk apa?

BandPage: Para musisi pemula kini dapat mempromosikan hasil karya mereka di layanan musik digital terbesar di dunia

YouTube akuisisi startup musik BandPage, untuk apa?

Techno.id - Portal video terbesar di dunia, YouTube, hari ini mengumumkan akuisisi startup musik bernama BandPage. Lalu, mengapa YouTube membeli startup yang bergerak di sektor hiburan?

Mengutip laman resmi BandPage (12/02), pihaknya mengaku ingin mempermudah para musisi pemula untuk mempromosikan hasil karya mereka di media sosial. Lebih dari itu, mereka bahkan juga dapat membuat halaman khusus untuk para penggemar (Fan Page).

"Ini (proses akuisisi) didedikasikan untuk membantu para musisi pemula dalam membangun karir dan meningkatkan pendapatan dari layanan musik digital terbesar di dunia," tulis BandPage.

Kendati demikian, persyaratan kesepakatan di dalam proses akuisisi ini masih menjadi misteri. Artinya, belum jelas apakah BandPage sendiri akan ditutup atau tetap beroperasi sebagai anak perusahaan.

Sekadar informasi, BandPage merupakan platform pemasaran bagi para musisi. Mereka yang bergabung di sini, dapat mempromosikan lagu mereka ke sejumlah media sosial, membuat Fan Page, hingga mendirikan situs pribadi.

Saat ini, BandPage mengklaim bahwa platform miliknya telah digunakan oleh lebih dari 500.000 musisi. Beberapa di antaranya bahkan adalah musisi dunia, seperti Justin Timberlake, Maroon 5, Rihanna dan masih banyak lagi.

Sejak didirikan tahun 2009 silam, sepak terjang BandPage boleh dikatakan cukup sukses. Pasalnya, mereka mampu menggandeng sejumlah platform raksasa sekelas Spotify, SoundCloud, hingga Twitter sebagai mitra.

WHAT TO READ NEXT ?