Iklan YouTube jadi platform ideal jangkau pasar

Iklan YouTube jadi platform ideal jangkau pasar

Techno.id - Selain sebagai platform penyedia berbagi video, YouTube juga bisa menjadi pilihan untuk menampilkan sejumlah iklan dengan memberikan kesan untuk penonton di Indonesia melalui musik dan komedi. Berbagai brand yang telah ada sebelumnya di YouTube melihat tren ini dan memproduksi iklan yang mengesankan masyarakat dalam kategori tersebut.

Tony Keusgen, Country Director di Google Indonesia mengatakan bahwa di YouTube, feedback akan langsung ada, dan hasil akan juga terlihat. Berbagai macam target iklan bisa dilakukan untuk semua segmen, dan ini tentu akan sulit bila di medium lain.

Setiap anggaran tentu terbatas dan seharusnya dialokasikan sesuai efektivitasnya. Di YouTube, Anda hanya membayar iklan saat iklan dilihat dan Anda yakin investasi kreatif akan membawa hasil yang memuaskan", imbuh Tony.

Brand Indonesia seperti Bukalapak berhasil meramu dengan baik bagaimana membuat konten video online dan membuat orang tersenyum. Iklan mereka terlihat sebagai sketsa absurd yang lucu dengan menampilkan citra perusahaan menghemat anggaran pemasaran bahkan dengan menampilkan CEO-nya sebagai model dengan mengenakan celana pendek setelah momen promosi diskon besar-besaran sewaktu kampanye Hari Belanja Online.

Sementara itu, Bayu Syerli, Marketing Head Bukalapak mengatakan,"YouTube adalah platform yang ideal menjangkau target yang tepat. YouTube juga membuka ruang kesempatan untuk mengikutsertakan pemirsa kami yang merupakan hal yang paling berharga.

Selain itu, kampanye KitKat dari Nestle memanfaatkan tren terkini film silat atau kung fu domestik dan menampilkan seorang pendekar keras kepala yang melakukan perjalanan berbahaya dengan menumpang angkot reyot dan sebuah smartphone yang memberikan petunjuk arah dan KitKat.

Selama dua tahun terakhir, kampanye ini telah sukses baik dalam hal kesadaran dan keterlibatan, jelas Rully Gumilar, Executive Brand Manager di Nestle Indonesia. YouTube adalah tempat yang tepat untuk menjalankan sebuah kampanye. Lagipula, itu adalah dimana anak muda menghabiskan waktu istirahat mereka.

(brl/red)