CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 23 April 2016 08:00

Xiaomi akan meluncurkan layanan pembayaran mobile

Layanan pembayaran mobile Xiaomi akan mengadopsi teknologi NFC, sama seperti Apple dan Samsung.

Xiaomi akan meluncurkan layanan pembayaran mobile

Techno.id - Tak mau kalah dengan Apple dan Samsung, akhirnya Xiaomi mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan layanan pembayaran mobile. Untuk mewujudkan hal itu, Xiaomi bermitra dengan perbankan nasional China UnionPay. Keduanya bakal merancang produk pembayaran mobile untuk smartphone Xiaomi terbaru.

Seperti layanan pembayaran mobile yang lain, kabarnya Xiaomi juga akan menggunakan teknologi (NFC) Near Field Communication pada smartphone mereka. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengeluarkan kartu kredit untuk melakukan pembayaran, mereka cukup mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran mobile dan pembayaran akan langsung diproses.

"Kami akan mengembangkan Near Field Communication (NFC) untuk layanan pembayaran mobile yang aman dan nyaman, " kata CEO Xiaomi Lei Jun, seperti yang dilaporkan oleh ShanghaiDaily (22/4/2016).

Meski teknologi yang dibenamkan sudah diketahui, sayangnya untuk penamaan dari layanan tersebut masih menjadi tanda tanya besar. Kemungkinan, Xiaomi akan mengikuti jejak Apple dan Samsung dengan menamakan layanan pembayaran mobile tersebut sebagai Xiaomi Pay.

Lebih lanjut, Xiaomi ingin segera menghadirkan layanan pembayaran mobile sendiri karena pasar pembayaran mobile Tiongkok telah didominasi oleh Alibaba dan Tencent. Parahnya lagi, vendor smartphone lain, seperti Apple dan Samsung juga turut bersaing dalam ranah layanan pembayaran mobile di Tiongkok.

Apple Pay sudah tersedia di Tiongkok pada bulan Februari, sementara Samsung Pay sudah masuk Tiongkok pada akhir bulan Maret kemarin. Oleh sebab itu, Xiaomi ingin bergerak cepat agar layanan pembayaran mobile mereka bisa segera terlahir di Tiongkok juga.

WHAT TO READ NEXT ?