Apple Pay dan Android Pay siap gantikan kartu ATM

Apple Pay dan Android Pay siap gantikan kartu ATM

Techno.id - Selama ini, pembayaran menggunakan kartu (ATM) Anjungan Tunai Mandiri dianggap lebih nyaman dan praktis. Namun, masalahnya satu, kalau kartu ATM itu ketinggalan atau hilang, maka Anda akan kesulitan melakukan pembayaran. Berawal dari masalah inilah, beberapa bank seperti Chase, Well Fargo, dan Bank of America menawarkan transaksi ATM menggunakan Apple Pay dan Android Pay.

Ya, akhir tahun ini Chase, Well Fargo, dan Bank of America akan 'membuang' kartu ATM fisik dan menggantinya dengan dukungan NFC pada ATM. Chase akan memimpin perubahan besar-besaran ini dengan meminta pengguna untuk melakukan otentikasi pada aplikasi mobile banking. Nantinya, pengguna akan diberi tujuh digit kode yang memungkinkan mereka untuk mengakses ATM tanpa kartu debit dan rekening bank.

"Ini tidak sepenuhnya mengganti kartu debit. Layanan ini hanya memberikan pilihan yang lebih nyaman kepada pelanggan jika mereka tidak memiliki kartu debit," kata juru bicara Chase, Michael Fusco. Chase juga mengatakan bahwa mereka akan menggelar ATM NFC yang membiarkan Anda mengakses ATM seperti menggunakan kartu kredit pada Apple Pay dan Android Pay, seperti yang dikatakan oleh TheVerge (28/01/2016).

Well Fargo dan Bank of America juga akan mengikuti jejak Chase. Keduanya bakal mengadopsi ATM NFC, tetapi mereka tidak mengonfirmasi akan menggunakan layanan dari Apple Pay. Sepertinya, Well Fargo dan Bank of America akan menjajal transaksi ATM terbaru ini menggunakan Android Pay dulu, kemudian jika berhasil akan dilanjutkan ke Apple Pay.

Diharapkan penggunaan Apple Pay dan Android Pay oleh bank-bank besar di Amerika Serikat ini dapat membantu mengurangi penipuan transaksi ATM dan skimming kartu ATM. Selain itu, dengan aplikasi mobile banking ini penjahat menjadi lebih sulit melancarkan aksinya karena mereka harus memecahkan enkripsi yang sulit dari Apple dan Google.

Nah, dari ketiga bank ternama tersebut, hanya Bank of America yang akan mengawali percobaan pembayaran ATM NFC terbaru dalam waktu dekat. Bank ini akan meluncurkan ATM baru pada bulan Februari di beberapa ATM tertentu, seperti Silicon Valley, San Francisco, Charlotte, New York, dan Boston.

(brl/red)