CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 4 Maret 2016 05:00

Wonosobo mulai terapkan SIK berbasis internet

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kini resmi menerapkan sistem informasi kesehatan (SIK) berbasis internet

Wonosobo mulai terapkan SIK berbasis internet

Techno.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kini resmi menerapkan sistem informasi kesehatan (SIK) berbasis internet. Perihal fungsi, sistem ini ditujukan untuk memantau kinerja pelayanan di sejumlah puskesmas.

"Melalui sistem tersebut, kegiatan pelayanan kesehatan di 24 puskesmas di daerah kita akan terpantau secara real-time di Dinas Kesehatan," ujar Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo saat meninjau cara kerja SIK di Dinkes Wonosobo.

Menurut Agus, pemantauan ini dapat mencakup banyak hal, mulai dari diagnosa dokter hingga obat untuk para pasien langsung. Ia pun menambahkan bahwa sistem ini mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan.

"Kepala Dinkes tak lagi harus jauh-jauh ke wilayah untuk mengetahui sejauh mana berjalannya pelayanan puskesmas atau bahkan puskesmas pembantu, sistem ini sangat efektif dan efisien," klaim Agus.

Sementara di pihak pengembang sistem SIK ini, Hanung Nugraha, mengaku telah mengembangkan hampir selama satu tahun. "Dengan sistem ini, Dinkes bisa mengetahui demografi berdasarkan wilayah," jelas Hanung.

WHAT TO READ NEXT ?