Waspada, 20 persen bank di Indonesia berisiko terserang trojan Tinba!

Waspada, 20 persen bank di Indonesia berisiko terserang trojan Tinba!

Techno.id - Tinba, trojan yang terkenal kerap menyerang sistem keuangan kini dikabarkan tengah menyerang pelbagai lembaga keuangan atau bank-bank di kawasan Asia Pasifik. Gawatnya, bank-bank di Indonesia kabarnya menjadi salah satu target serangan trojan ini.

Seperti dilansir oleh TheRegister (19/1/16), sebanyak 20 persen lembaga keuangan atau bank di Indonesia kabarnya akan terinfeksi oleh versi kelima trojan yang juga disebut sebagai Tinbapore ini.

"Tinbapore akan menyerang lembaga keuangan di kawasan Asia Pasifik. Versi terbaru dari tojan ini kabarnya akan lebih kuat dari versi lama karena kini Tinbapore dilengkapi dengan algoritma generasi domain yang membuat trojan dapat hidup kembali meski bahkan setelah perintah dan kontrol server diturunkan," ujar peneliti dari perusahaan keamanan F5.

Selain menyerang lembaga keuangan dan bank di Indonesia, trojan yang pertama kali terdeteksi pada bulan Mei 2012 itu kabarnya juga bakal menginfeksi hampir 30 persen lembaga keuangan dan bank di wilayah Singapura. Sementara lembaga keuangan dan bank di Australia kabarnya hanya 5 persen berisiko terserang trojan generasi kelima ini.

Waspada, 20 persen bank di Indonesia berisiko terserang trojan Tinba!

Alur infeksi trojan Tinbapore di sistem keuangan bank
2016 theregister.com

(brl/red)