CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 9 Januari 2016 15:00

Diduga berbahaya, Google hapus 13 aplikasi ini dari Play store

Ketiga belas aplikasi itu terindikasi mengusung malware yang dapat membahayakan perangkat milik pengguna yang menginstal aplikasi.

Diduga berbahaya, Google hapus 13 aplikasi ini dari Play store

Techno.id - Diduga mengusung malware yang berbahaya, Google akhirnya resmi menghapus 13 aplikasi dari Play Store. Ketiga aplikasi itu adalah Cake Blast, Jump Planet, Honey Comb.

Lalu ada Ninja Hook, Piggy Jump, Just Fire, Eat Bubble, Hit Planet, Cake Tower, dan Drag Box. Selain itu ada Crazy Block, Crazzy Jelly, dan yang terakhir Tiny Puzzle.

Sebagaimana dikutip Techno.id dari NDTV (8/1/16), kerentanan pada ketiga belas aplikasi yang pertama kali ditemukan oleh Chris Dehghanpoor dari Lookout (perusahaan penyedia keamanan mobile) itu disebut-sebut bakal mencoba mendapatkan hak akses root ke perangkat. Setelah didapat, maka aplikasi bakal menyalin beberapa file perangkat untuk mempartisi sistem dan membuat perangkat sulit diperbaiki meski telah dilakukan sejumlah langkah perbaikan seperti factory reset.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur menginstal aplikasi yang terindikasi berbahaya itu dan mengalami keadaan seperti yang disebutkan di atas, Dehghanpoor menganjurkan supaya Anda segera melakukan re-flash ROM. Menurutnya, upaya perbaikan dengan factory reset tak akan membuat malware pada aplikasi hilang karena biasanya malware mampu bertahan meski telah dilakukan factory reset.

Sekadar informasi, November lalu juga sempat ditemukan malware bernama Shedun di beberapa aplikasi yang ada di Play Store. Malware dalam aplikasi itu sempat membuat perangkat yang menginstal aplikasi akan melakukan download aplikasi yang tak diinginkan secara otomatis.

WHAT TO READ NEXT ?