5 Prediksi ancaman keamanan digital di tahun 2016

5 Prediksi ancaman keamanan digital di tahun 2016

Techno.id - Berbagai macam jenis cyber crime yang terjadi di sepanjang 2015 telah membuat prediksi di tahun 2016 mendatang kian memburuk. Menurut WatchGuard Technologies, ancaman keamanan digital di tahun depan diprediksi bakal semakin canggih dan ekspansif.

Dalam siaran persnya yang dirilis hari ini, perusahaan yang bergerak di sektor firewall itu merilis lima prediksi ancaman keamanan digital yang bakal terjadi di tahun 2016. Secara garis besar, hasil riset ini cenderung menyorot tren keamanan yang bersifat baru.

"Lanskap ancaman keamanan digital terus berubah seiring para pelaku cyber crime yang terus mengembangkan berbagai metode baru dan lama untuk memperluas jangkauan mereka, mengeksploitasi pengguna, dan mencuri data berharga," ujar CTO WatchGuard, Corey Nachreiner.

"Untuk mendapatkan sistem keamanan yang lebih baik, kami merekomendasikan sejumlah praktik terbaik seperti menambah pelatihan karyawan (untuk menghadapi berbagai ancaman digital), hingga menggunakan berbagai teknologi keamanan internet terbaru," imbuhnya.

Jadi, apa saja prediksi ancaman keamanan digital yang bakal terjadi di tahun 2016 mendatang? Berikut daftar lengkapnya menurut WatchGuard Technologies.

  • Jangkauan platform ransomware bakal semakin luas
  • Serangan malware di platform iOS akan meningkat
  • Malvertising dilengkapi dengan sistem enkripsi
  • Pelaku cyber crime yang kian pandai
  • Firmware dapat dimanfaatkan untuk menyerang Internet of Things (IoT)

(brl/red)