CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 13 Agustus 2015 17:00

Di masa depan robot pun bisa 'beranak'

Tim peneliti asal University of Cambridge berhasil merakit robot yang khusus diprogram untuk bisa menghasilkan 'keturunan'.

Di masa depan robot pun bisa 'beranak'

Techno.id - Tahukah Anda, jika di masa depan nanti bukan makhluk hidup saja yang bisa beranak-pinak? Diperkirakan di masa depan nanti robot pun bisa 'beranak' dan menghasilkan 'keturunan'.

Pernyataan ini disampaikan oleh sekelompok peneliti asal University of Cambridge, Inggris yang baru-baru ini berhasil menciptakan robot yang bisa menghasilkan 'keturunan'. Dilansir oleh BGR (12/8/15), tim peneliti tersebut berhasil merakit robot yang khusus diprogram untuk bisa merakit robot kecil lainnya. Selain bisa merakit robot kecil, robot berbentuk lengan tersebut nantinya juga bisa memantau proses perakitan robot kecil secara mandiri tanpa intervensi manusia atau stimulasi komputer eksternal.

Tim peneliti menjelaskan, kemampuan merakit robot kecil ini didukung oleh kemampuan kamera khusus yang ditanamkan ke dalam robot berbentuk lengan tersebut. Kamera tersebut dilaporkan bisa membantu robot untuk mendeteksi bagian-bagian dari robot kecil selama proses perakitan.

Menariknya, selain karena adanya kamera khusus, kemampuan merakit robot kecil ini juga didapat dari algoritma khusus yang ditanamkan oleh para peneliti. Algoritma khusus yang disebut algoritma genetika tersebut disebutkan mampu membuat robot bisa merakit 'anak' robot dengan sistem operasi yang berbeda-beda.

WHAT TO READ NEXT ?