Berkaki 8, apakah robot ini bakal jadi kendaraan di masa depan?

Berkaki 8, apakah robot ini bakal jadi kendaraan di masa depan?

Techno.id - Teknologi robotika memang semakin berkembang dan menjamur saja belakangan ini. Digunakan untuk berbagai keperluan, para ilmuwan mengembangkan dan menggabungkannya dengan teknologi baru lainnya.

Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Selasa (15/09/15) ini contohnya. Sebuah prototipe robot baru telah selesai dibuat. Bernama Halluc IIx, robot berkaki 8 ini adalah bagian dari Hallucigenia Project yang juga diikutsertakan dalam Ars Electronica Festival di Austria pada tanggal 3-7 September lalu.

Hallucigenia adalah nama sebuah fosil masa Cambria yang ditemukan di Burgess. Dibentuk mirip aslinya, robot ini dibekali dengan 8 kaki.

Berkaki 8, apakah robot ini bakal jadi kendaraan di masa depan?

Uniknya, kaki-kaki tersebut dilengkapi dengan roda. Selain bisa bergerak menggunakan roda, Halluc juga bisa menggunakan kakinya untuk berjalan. Tak hanya itu, roda-roda pada kaki tersebut bisa berputar sedemikian rupa sehingga memudahkannya untuk bermanuver.

Halluc juga bisa dipakai untuk menaiki anak tangga tanpa kesulitan yang berarti. Selain dilengkapi dengan headlamp, Halluc juga dibekali dengan sebuah kamera yang diletakkan pada lempengan batok kepalanya.

Apakah Halluc bakal digunakan sebagai kendaraan di masa depan? Meski kini ukurannya belum pas jika digunakan sebagai pengangkut manusia, namun tak menutup kemungkinan Halluc bakal digabungkan dengan teknologi self driving car.

(brl/red)