Virtual Reality, bisa bantu pasien stroke sembuh kembali

Virtual Reality, bisa bantu pasien stroke sembuh kembali

Techno.id - Siapa yang menduga, jika perangkat seperti Virtual Reality (VR) ternyata memiliki manfaat yang besar dalam dunia medis? Dalam uji yang dilakukan oleh Virtual Reality Medical Center, terungkap bahwa penggunaan perangkat tersebut dapat membantu penderita stroke dan gangguan syaraf lainnya mendapatkan kembali kontrol atas diri mereka lagi.

Seperti dikutip dari TweakTown (30/5/15), penggunaan VR membantu pasien yang menderita stroke maupun gangguan syaraf lainnya kembali mendapat fungsi motoriknya seperti berjalan, duduk, atau memegang sebuah benda. Menurut Brenda Wiederhold, EVP dari Virtual Reality Medical Center, penggunaan lingkungan virtual dapat membangun kepercayaan diri para pasien untuk mencoba bergerak lagi.

Virtual Reality, bisa bantu pasien stroke sembuh kembali

Ilustrasi penggunaan Virtual Reality untuk membantu proses terapi bagi penderita stroke 2015 tweaktown.com

"Hal pertama yang perlu diajarkan kepada para pasien stroke maupun gangguan syaraf adalah bagaimana mengontrol proses tubuh dan pikiran mereka. Penggunaan VR dapat membantu memperlancar proses terapi, sehingga para pasien yakin mereka dapat kembali menggerakkan tubuhnya di dunia nyata," jelas Wiederhold.

Pemanfaatan VR alias Virtual Reality untuk membantu proses penyembuhan pada pasien penyakit stroke dan gangguan syaraf lainnya merupakan sebuah kemajuan dan terobosan bagi dunia medis. Selama ini, pemanfaatan VR bagi dunia medis hanya terbatas untuk membantu tentara dan personil militer sembuh dari gangguan stress pasca trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD).

(brl/red)