Unik, Google rekrut teknisi via Google Search

Unik, Google rekrut teknisi via Google Search

Techno.id - Apa yang akan Anda lakukan jika suatu hari perusahaan besar seperti Google tiba-tiba merekrut Anda karena kebiasaan menggunakan layanan pencarian milik raksasa asal Mountain View tersebut? Nah, itulah yang dialami oleh Max Rosett.

Karyawan yang baru saja bergabung dengan Google tersebut mengungkapkan melalui blog The Hustle bahwa dirinya direkrut Google karena kebiasaannya yang tak sengaja mencari bahasa pemrograman melalui layanan Google Search. Seperti dikutip dari Recode (26/8/15), kala itu Rosett mengetikkan sebuah bahasa pemrograman "python lambda function list comprehension" di kotak pencarian Google.

Selanjutnya, Rosett dikejutkan dengan tampilan kotak di hasil pencarian yang berbunyi "You're speaking our language? Up for challenge?" atau kurang lebihnya berarti "Apakah Anda berbicara bahasa kami? Ingin sebuah tantangan?". Dan sejurus kemudian, Rosett dibawa ke laman google.com/foobar yang merupakan tes pemrograman yang telah digunakan Google di masa yang lalu untuk merekrut teknisi.

Pasca memutuskan mengikuti alur tes pemrograman tersebut, Rosett mengaku dihadapkan pada enam tantang yang berbeda dengan syarat dan batas waktu tertentu. Setelah menyelesaikan semuanya, ia langsung dikontak oleh pihak Google untuk menjadi bagian dari teknisi perusahaan di bawah payung Alphabet tersebut.

Kendati terlihat cukup mudah, pihak Google mengungkapkan jika mereka tak sembarang merekrut atau bahkan menunjukkan foobar ke semua orang yang menggunakan layanan Google Search-nya. Hanya orang terpilih dan juga bersedia (karena Google mensyaratkan pihak yang direkrut melakukan sejumlah registrasi) yang akan mendapatkan undangan untuk melakukan tes rekrutmen tersebut.

Anda tertarik mencobanya? Siapa tahu Anda bisa jadi salah satu teknisi Google lewat tes menyenangkan dan tak terduga seperti yang dialami oleh Rosett.

(brl/red)