Waspada, PDF terjangkit malware kini intai Anda di Google Search

Waspada, PDF terjangkit malware kini intai Anda di Google Search

Techno.id - Sebuah survei yang dilakukan oleh SophosLabs baru-baru ini mengklaim bahwa mereka telah menemukan banyak file PDF terinfeksi malware yang dapat mempengaruhi hasil pencarian di Google. Dalam temuannya tersebut file PDF yang terjangkit malware itu selain membawa sejumlah malware yang berbahaya bagi PC atau perangkat mobile Anda juga membawa link-link yang mengarah ke situs berbahaya.

Seperti dilansir oleh eWeek (7/7/15), peneliti dari SophosLabs, Jason Zhang pertama kali menemukan file PDF terjangkit ini pada awal bulan Juni. File PDF yang terjangkit tersebut berisi kalimat yang tak mengarah pada kata kunci pencarian.

Menurut Maxim Weinstein, penasehat keamanan SophosLabs, topik mengenai valuta asing dan investasi adalah kata kunci yang paling banyak mengusung file PDF terjangkit malware ini. Lebih lanjut Weinstein menjelaskan bahwa file PDF terjangkit yang ditemukan temannya itu jumlahnya tak sedikit, bisa mencapai ratusan ribu malahan. Dari ratusan ribu file terjangkiti itu, Weinstein mengatakan bahwa isi file tersebut tak melulu malware, tetapi juga bisa URL yang mengarahkan ke situs berbahaya. File tersebut bekerja secara silang dengan PDF melalui embedding link ke URL lain, sehingga pengguna nantinya secara tak sadar akan diarahkan menuju situs-situs yang memuat malware berbahaya.

Weinstein mengatakan, pihaknya telah melaporkan hasil temuannya ini pada Google. Ia berharap Google bisa mempertimbangkan laporan ini supaya pengguna laman Google Search di seluruh dunia bisa nyaman saat harus browsing di layanan pencarian terbesar di dunia tersebut.

(brl/red)