Turki melarang Minecraft dan menyensor Twitter, besok apa lagi?

Turki melarang Minecraft dan menyensor Twitter, besok apa lagi?

Techno.id - Warga Turki sedang dilanda kecemasan. Pasalnya, lahan mereka untuk beraktivitas di dunia maya semakin dipersempit oleh pemerintah setempat. Baru-baru ini, secara mengejutkan, pemerintah Turki berwacana untuk mencabut izin peredaran Minecraft di wilayahnya.

Menurut laporan dari HurriyetDailyNews (10/3/15), pemerintah setempat mengkhawatirkan aktivitas kekerasan yang lazim dilakukan para pemain Minecraft. Kebiasaan tersebut berpeluang juga untuk dilakukan di kehidupan sehari-hari. Apabila wacana ini nantinya benar-benar diwujudkan, maka Turki akan menjadi negara pertama di dunia yang mengembargo Minecraft.

"Meskipun Minecraft bisa mendorong kreativitas anak-anak dengan membiarkan mereka membangun rumah, peternakan, dan jembatan, ternyata mereka juga diharuskan untuk membunuh bermacam-macam monster untuk melindungi properti mereka," kilah Kementrian Perlindungan Anak setempat.

Sebelumnya, pemerintah Turki juga telah melakukan beragam langkah polemis di dunia maya. Yang sempat menyita perhatian publik ialah intervensi yang dilakukan negara bekas kerajaan Ottoman terhadap Twitter. Berdasarkan laporan dari Twitter, sudah 477 kali pemerintah Turki meminta Twitter untuk menghapus atau menyensor konten tertentu sepanjang Juli hingga Desember 2014.

Menurut Anda, apakah pemerintah Turki akan melahirkan langkah kontroversial kembali beberapa waktu mendatang?

(brl/red)