3 Aplikasi pendeteksi akun palsu di Twitter

3 Aplikasi pendeteksi akun palsu di Twitter

Techno.id - Follower atau pengikut adalah ukuran sukses suatu akun dalam menyediakan konten. Namun, bagaimana jika ternyata follower yang Anda peroleh adalah akun palsu?

Akun palsu memang sering menyebarkan phising dan spam untuk Anda dan juga Follower Anda yang asli. Tentu saja ini mengganggu aktivitas Anda saat bersosial media.

Untuk mengatasi hal ini, berikut ada beberapa aplikasi yang bisa mencari dan menghilangkan follower palsu Anda seperti yang dilansir oleh SocialMediaExaminer.com (24/02/15) :

1. Fakers App
Aplikasi ini dikembangkan oleh Status People untuk mengetahui seberapa banyak akun palsu yang memfollow Anda. Caranya cukup mudah untuk menggunakannya, pertama-tama membuka website Status People, izinkan serta koneksikan akun Twitter Anda untuk memulai. Aplikasi ini akan mulai memeriksa dalam waktu kurang dari satu menit (akun dengan jumlah follower sedikit) atau beberapa menit (akun dengan jumlah follower banyak). Setelah itu Anda akan mendapatkan laporan tentang follower Anda.
Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melihat rincian tentang follower Anda. Misalnya bahasa yang digunakan follower Anda, berapa banyak aktifitas mereka di Tiwtter dan menunjukan jumlah rata-rata akun yang mereka follow. Bahkan, aplikasi ini memberikan penanganan untuk follower palsu Anda.

2. Fakefollowers
Aplikasi ini dapat memeriksa sampel acak dari 100 follower Anda pada daftar kriteria, termasuk rasio follower ke following, kata-kata spam, tingginya persentase dari tweet dan retweet atau link dan masih banyak lagi. Sebuah akun didefinisikan tidak aktif jika tidak melakukan aktivitas tweet dalam 90 hari terakhir atau mengirim tweet kurang dari tiga.
Untuk memulai aplikasi ini ketikkan akun twitter Anda lalu berikan akses untuk melihat analisis follower Anda. Setelah itu, Fakefollowers akan melaporkan seberapa besar akun palsu yang menjadi follower Anda, laporan ini juga memungkin Anda untuk memblokir akun palsu tersebut dengan mengklik tombol block all. Aplikasi ini dapat Anda akses hingga 10 kali dalam sehari.

3. TwitterAudit
TwitterAudit adalah aplikasi yang dikembangkan Dave Caplan dan David Gross, aplikasi ini bekerja dengan mengambil sampel acak dari 5.000 pengikut dari akun Twitter Anda. Aplikasi ini memeriksa dan melakukan penilaian untuk masing-masing follower berdasarkan rasio followernya untuk pengikutnya (following).

Versi gratis dari aplikasi ini hanya memberikan penilaian follower palsu Anda sedang versi pro nya dapat menyembunyikan pemeriksaan audit Anda, serta dapat memblokir followers palsu dan mengaudit ulang akun Anda setiap saat.

(brl/red)