CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 2 Februari 2016 13:00

Tendang Apple, Google ditahbiskan sebagai perusahaan termahal dunia

Kisah ini mengulang memori 2010 silam.

Tendang Apple, Google ditahbiskan sebagai perusahaan termahal dunia

Techno.id - Kuasa Google di industri teknologi kini terlampau besar. Melansir CNBC (01/02/16), Alphabet sudah melampaui Apple sebagai perusahaan paling berharga sedunia. Perusahaan induk Google itu diketahui memiliki market cap sebesar 570 miliar USD (sekitar Rp7.800 triliun). Sedangkan nominal harga jual Apple baru 535 miliar USD (sekitar Rp7.300 triliun).

Status yang disandang Google ini sebenarnya bukanlah yang pertama. Tahun 2010 silam, Google sempat lebih mahal daripada sang raksasa Cupertino itu. Akan tetapi, rilisnya iPad untuk yang pertama plus melejitnya penjualan iPhone dan Mac saat itu membuat Steve Jobs cs unggul untuk sementara atas Larry Page dkk.

Bahkan tahun 2011, Apple sukses melewati Exxon sebagai perusahaan termahal di Bumi. David dan Goliath pun saat itu sempat menjadi metafora yang pas untuk menggambarkan persaingan Google dan Apple.

Namun belakangan, Apple mulai goyah. Loyonya penjualan iPhone, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi tumpuan utama Apple, pun membuat Google bisa menyalip. Apalagi Google bisa meraup profit yang tinggi dari iklan digital dan YouTube. Keanekaragaman produk Google, mulai dari internet, jaringan, hingga mobil tanpa awak juga memperparah derita Apple yang harus meradang karena mahkotanya direbut si musuh bebuyutan.

Kira-kira, sampai kapan keadaan ini akan bertahan? Apakah Apple bisa mengangkat kembali penjualan gadget andalannya sebelum Google merambah dan menguasai sektor automotif? Bagaimana menurut Anda?

WHAT TO READ NEXT ?