Berapa uang yang dikeluarkan Google untuk membeli Google.com?

Berapa uang yang dikeluarkan Google untuk membeli Google.com?

Techno.id - Bulan Oktober tahun lalu, seorang pelajar bernama Sanmay Ved dari Babson College di Massachusetts membuat sebuah klaim mengejutkan. Kala itu, ia mengaku berhasil memiliki nama domain Google.com meskipun hanya selama satu menit.

"Saya berharap sebuah kesalahan akan terjadi (saat mencoba membeli domain Google.com). Tetapi saya justru dapat menyelesaikan proses transaksi dan saldo di kartu kredit saya berkurang," ujar Ved di akun LinkedIn miliknya (12/10).

Percaya atau tidak, uang yang dikeluarkan Ved untuk membeli Google.com saat itu hanyalah sebesar USD 11,99 saja. Untungnya, raksasa mesin pencari itu langsung menyadari dan menghubungi Ved sesegera mungkin.

Keberhasilan Ved (walau hanya dalam hitungan menit) ternyata sangat menarik perhatian Google Security. Ved pun langsung ditawarkan sejumlah uang tunai. Menurut pengakuan Ved, jumlahnya tak lebih dari USD 10.000.

Setelah beberapa bulan menjadi misteri, nominal itu akhirnya terungkap juga. Melalui artikel bertajuk "Google Security Rewards 2015", Google mengaku telah memberikan uang tunai kepada Ved senilai USD 6.006,13.

Terlepas dari benarnya klaim Ved, yang menjadi pertanyaan, mengapa jumlahnya terkesan ganjil? Alasan Google ternyata tak kalah menarik, yaitu cara pengucapan nominal tersebut (secara sekilas) mirip dengan cara mengucapkan kata "Google".

Sebuah fakta menarik lainnya, Google pada akhirnya menggandakan jumlah hadiah karena mengetahui Ved menggunakannya untuk beramal. Menurut laman Business Insider (29/01), Ved mendonasikan dana tersebut ke Art of Living India Foundation.

(brl/red)