CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 Januari 2016 18:00

Tahukah Anda, ini 5 apps Android pertama yang diunduh 1 miliar kali?

Semua aplikasi itu adalah milik Google, kecuali Facebook.

Tahukah Anda, ini 5 apps Android pertama yang diunduh 1 miliar kali?

Techno.id - Semenjak Google Play Store dirilis pada 2008 silam, pastinya sudah banyak sekali aplikasi yang turut singgah. Platform yang dulunya bernama Android Market ini memang bagaikan toko digital, yang mengizinkan para pengguna Android berburu dan memiliki aplikasi yang dipajang di sana, baik yang bebas lisensi maupun berbayar.

Menariknya, sampai saat ini, baru ada segelintir aplikasi Android yang pengunduhnya sudah 1 miliar atau lebih. Gmail adalah aplikasi pertama yang bisa melampaui angka itu pada awal Mei 2014. Di bulan yang sama, layanan surel dari Google itu diikuti oleh Google Maps. Sedangkan YouTube, jejaring sosial yang diakuisisi Google pada 2006 silam, mendapatkan user ke 1 miliarnya di Android pada Juli 2014.

Tak lama, Facebook mendobrak dominasi Google selaku penguasa toko maya miliknya sendiri. Dengan pengguna yang saat ini sudah lebih dari 1 miliar, media sosial milik Mark Zuckerberg itu sukses menembus daftar aplikasi Android yang paling banyak di-download pada September 2014.

Sementara itu, Google Search menutup tahun 2014 dengan bergabung ke daftar ini. Search engine yang juga bagian dari Google Inc. itu melengkapi lima aplikasi pertama yang memiliki 1 miliar download di Android.

Dari kelima aplikasi itu, bisa dilihat jika mayoritasnya adalah milik Google. Tentunya, ini juga bisa menjadi indikator seberapa hebat ketergantungan pengguna Android dengan aplikasi bawaan Google, pun dengan kekuatan OS Android itu sendiri. Sebagai gambaran, pengguna Android sepanjang tahun 2015 sudah sebesar lebih dari 1,4 miliar.

WHAT TO READ NEXT ?