Tak perlu takut bersepeda di malam hari

Tak perlu takut bersepeda di malam hari

Techno.id - Anda mungkin pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan saat bersepeda di malam hari. Ya, saat hari mulai gelap jalanan menjadi tidak terlihat. Banyak jalan berlubang yang bisa kapan saja membuat Anda terjatuh. Untungnya, hal tersebut dapat diantisipasi dengan sebuah alat yang dapat menunjukkan kondisi jalan di depan Anda.

Sebuah alat yang dapat membantu pengendara sepeda di malam hari ini dinamakan Lumigrids. Alat ini merupakan LED yang dapat memproyeksikan kotak persegi di permukaan tanah. Dengan Lumigrids, Anda dapat melihat perubahan proyeksi kotak pada tinggi rendahnya jalan yang berbeda. Sehingga Anda bisa dengan mudah menghindari lubang dan hambatan lainnya.

Lampu LED proyektor dari Lumigrids memiliki tiga mode pengaturan, seperti mode normal dengan ukuran kotak 140 x 180mm. Sedangkan untuk mode area berkecepatan tinggi berukuran 140 x 260mm, lain halnya dengan mode tim yang memiliki ukuran kotak lebih besar yakni 300 x 200mm, seperti yang dilansir oleh Gizmag.

Tim pembuat Lumigrids juga mengatakan bahwa desain LED kotak tersebut merupakan perbaikan dari lampu sepeda tradisional. Jika bersepeda di malam hari menggunakan lampu sepeda biasa, Anda tidak dapat memastikan jalan di depan Anda terdapat lubang atau tidak. Hal ini yang menjadikan pengendara sepeda sering terjatuh karena terperosok ke dalam lubang.

Lumigrids dapat Anda gunakan bersepeda ke mana saja tanpa khawatir kehabisan baterai. Soalnya, perangkat ini didukung oleh sumber energi dari dinamo yang terhubung dengan roda dan sebuah baterai internal.

Tim peneliti yang membuat Lumigrids dari Universitas Sichuan, Tiongkok, telah dianugrahi Red Dot Design Award pada tahun 2012. Namun, hingga kini belum ada kabar sama sekali tentang penjualan produk Lumigrids.

(brl/red)