Ilmuwan Jepang kembangkan robot bunglon yang mengesankan

Ilmuwan Jepang kembangkan robot bunglon yang mengesankan

Techno.id - Bunglon tidak hanya memiliki kemampuan beradaptasi yang mengagumkan. Pada bagian tubuh bunglon yang lain ternyata juga menakjubkan. Lebih tepatnya pada bagian lidahnya, bunglon mampu menembakkan lidahnya keluar untuk menangkap mangsa hanya dalam waktu 0,03 detik. Kecepatan menjulurkan lidah bunglon yang menginspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan robot yang dapat melakukan hal serupa.

Dua ilmuwan dari Jepang yang bernama Tomofumi Hatakeyama dan Hiromi Mochiyama sedang mengembangkan robot bunglon dengan kemampuan lidahnya yang cepat. Namun, hingga kini robot tersebut belum sempurna, hanya bagian terpentingnya yakni lidah yang sudah selesai digarap.

Sistem yang disematkan pada lidah robot tersebut cukup sederhana. Kedua ilmuwan asal Jepang ini menjadikan lidah robot dapat menembakkan proyektil magnetik yang terikat dengan tali elastis dan tipis, seperti yang disadur dari Spectrum.ieee.

Setelah diujicobakan, lidah robot bunglon ini bisa mengambil magnet dengan jarak 70cm dan kembali ke posisi semula dalam waktu sepersepuluh detik.

Robot yang menarik bukan? Meski belum bisa menyamai kemampuan lidah bunglon aslinya, para peneliti akan terus mengembangkannya agar semakin cepat. Mereka berharap agar lidah robot ini bisa menjangkau benda sejauh 10 meter. Untuk mewujudkannya, kedua ilmuwan tersebut sepertinya akan menambahkan sensor laser yang dapat menangkap target agar lebih akurat.

Nantinya, robot bunglon ini akan dimanfaatkan untuk menangkap kecoak dan serangga lain yang mengganggu. Namun, belum diketahui pasti apakah robot ini juga akan mengadopsi kemampuan mengubah warna mirip bunglon aslinya.

(brl/red)